Tubuh ideal dan Gizi


Seringkali kita merasa ingin merubah penampilan, dengan memperindah bentuk tubuh agar kelihatan ideal, gizi seimbang dan tepat merupakan cara yang efektif yang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut. Tanpa perencanaan program yang matang, kita hanya menghabiskan waktu di gym berlatih, hanya menghabiskan uang di restoran untuk makan makanan enak namun semuanya tidak memberikan hasil yang ada justru proses yang dilakukannya sangat berat dan sia-sia. Perlu diketahui bahwa setiap makanan yang kita makan berfungsi sebagai katalis primer dalam mengubah bentuk tubuh kita.

Mari memulai dari yang dasar, 3 zat gizi makro yaitu protein, lemak, dan karbohidrat memiliki peran masing-masing dalam menyusun program gizi yang sesuai dan tepat. Protein memiliki peran untuk regenerasi sel, pembentukan jaringan termasuk otot, Lemak sendiri berfungsi menyediakan energi dua kali lebih banyak dari protein dan lemak (9 kalori per gram, sedangkan protein dan karbo hanya 4 kalori) dan banyak fungsi lainnya. Sedangkan karbohidrat diubah menjadi glukosa untuk digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi.

Untuk menentukan kebutuhan kita, dapat mengacu pada AKG (angka kecukupan gizi) orang Indonesia yang direkomendasikan. Kebutuhan karbohidrat seseorang perlu diketahui secara teliti, oleh karena kelebihan asupan karbohidrat akan menjadi sebagai lemak tubuh di otot. Sehingga langkah yang paling baik untuk menghilangkan lemak tubuh adalah dengan menghindarkan konsumsi gula sederhana seperti kue, permen, dan es krim dari diet kita sehari-hari. Menjaga kadar gula darah lebih stabil dan mencegah perubahan kadar tingkat insulin menjadi lebih tinggi akan dapat membantu kita dalam memobilisasi cadangan lemak tubuh sehingga tidak menumpuk di otot. Kebutuhan karbohidrat setidaknya 50-65% dari total kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lemak merupakan zat gizi padat energi (energy dense) dibandingkan karbo dan protein. Perlu diketahui bahwa konsumsi lemak tidak jenuh lebih baik dibandingkan lemak jenuh karena pada lemak jenuh lebih mudah untuk disimpan sebagai cadangan lemak tubuh dibandingkan makanan yang mengandung lemak tidak jenuh termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6. Kebutuhan lemak setidaknya sekitar 20-25% dari total kalori tubuh.

Sebagai kesimpulan singkat, bahwa cara yang efektif dan efisien untuk membentuk tubuh ideal adalah dengan memerhatikan aspek kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi terutama zat gizi makro dalam jumlah dan kualitas yang tepat. Harus direncanakan dengan baik, dan jika perlu dan masih bingung maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli gizi anda.

 

 

 

Leave a comment