Konsultasi online

Konsultasi

Melalui media ini Anda bisa berkonsultasi mengenai masalah gizi anda dengan mengirimkan tanggapan berupa pertanyaan/saran di blog ini atau dengan mengirimkan email ke andiimam.arundhana@gmail.com

  1. cara diet yg baik gmn

    • Pada dasarnya tujuan dari diet yang kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara instan sehingga cara-caranya terkadang salah dan kurang efektif, karena hasil penelitian mengatakan jika diet instan dengan penurunan bb drastis yang cepat akan cepat juga naik kembali. Prinsip dari diet yang benar adalah bersabar dan menerapkan pola-pola yang benar. Menerapkan pola gizi seimbang (beraneka ragam, banyak sayur), jika obesitas kurangi sedikit konsumsi anda terutama asupan gula, terapkan sarapan yang rutin, minum air putih yang cukup, serta perbanyak asupan buah disela-sela waktu makan. Dan nikmati keseharian anda dengan istirahat dan olahraga yang cukup.

  2. Mita Dewi Astuti

    mas, saya mahasiswi D3 gizi poltekkes kemenkes jakarta 2 yg insya allah lulus tahun 2014. saya ingin meminta pendapat mas, kira2 kalo saya ingin melanjutkan program S1 yg recomended (cepat dan terjangkau) di univ mana ya mas. UI, IPB atau UnBraw?
    terimakasih dan maaf kalo menyimpang sebelumnya =)

    • maaf baru membalas, saya kurang mengetahui informasi universitas mana yang masih membuka program alih jenjang D3 ke S1, karena beberapa PT sudah tidak membuka program tersebut, seperti di UGM. Namun jika sekiranya ketiga PT yang Anda sebutkan itu masih membuka, pertimbangkan minat Anda kemana? Apakah anda ingin mendalami gizi komunitas bisa memilih UI, ataukah pangan dan gizi (IPB). Undip juga saat ini cukup bagus, tersedia program profesi gizi.
      Terima kasih

    • kalau pertimbangan terjangkau mungkin lebih feasible unibraw. namun jika cepat tergantung masing-masing mahasiswa. Thanks

  3. mau tanya progam penggemukan badan untuk orang dewasa yg baik dan benar gmana y?

    • maaf baru berkesempatan membalas pesan Anda dan terima kasih telah mengunjungi blog kami. Pada dasarnya sangat tidak dianjurkan program penggemukan, melainkan program untuk berat badan ideal. Tergantung kondisi tubuh anda, misalkan memang berat badan anda sangat jauh dari berat badan ideal, sebaiknya meningkatkan jumlah asupan kalori 500-750 kkal perhari. kemudian konsumsi makanan dengan sering, perbanyak minum air, dan terutama usahakan istirahat yang cukup.

      untuk konsultasi lebih rinci lagi, bisa via email
      andiimam.arundhana@gmail.com

  4. adik saya perempuan umurnya 15 tahun dengan berat badan 65 kg dan tinggi 160 cm kira kira diet apa ya yang pas buat dia? makasih

    • Jawabannya diet bergizi dan seimbang
      Perlu diketahui terlebih dahulu kondisi antropometri adik anda, yaitu berada di kisaran persentil 92,5. Meskipun belum sampai obesitas, tetapi adik anda sudah tergolong kelebihan berat badan (overweight – persentil>85). Perlu dijaga agar berat badan tidak naik lagi hingga 67,5 kg akan mencapai persentil 95 yg berrti obesitas. BB ideal nya cukup turunkan 5 kg.
      Ketika obesitas pada remaja, akan berdampak terhadap penurunan produktifitas, lalu kemudian akan mencapai fase dimana berat badan akan sangat sulit diturunkan hingga mencapai berat badan ideal.
      Diet yg paling bgus adalah yg sering tapi tidak banyak porsinya, kalau lapar kenapa tidak mencoba mengisi perut dengan buah-buahan (misalnya pisang direbus cukup enak atau jus), konsumsi susu tinggi kalsium kalau bisa sihh yg rendah lemak, jangan lupa barengi dengan olahraga ya, baru-baru ini penelitian saya membuktikan kalau aktivitas fisik sedang dan berat (termasuk olahraga) menjadi faktor protektif dari obesitas… satu hal lagi jangan diet ODC yaaa hehe, karena sarapan itu sangat penting bagi remaja seusia adik anda, kebutuhan energi selama di sekolah, bahan bakar agar otak semakin produktif belajar dan menyerap pelajaran disekolah, serta mmbuat tubuh bugar sebagian besar nya diperoleh dari sarapan. Perbanyak minum air putih.
      Saya rasa ketika prinsip2 trsebut bisa dijalankan, bisa menjaga berat badan ideal adik anda. Memang lama sihh akan tetapi akan awet. Penurunan berat badan yg ekstrim tidak akan bertahan lama dan akan kembali seperti kondisi awal.

  5. Ratna widyasari

    Selamat malam,,saya ingin bertanya mengenai pengaturan makan bagi penderita gagal jantung..terimakasih

    • selamat malam…
      untuk penderita gagal jantung, mungkin bisa diberikan diet yg memang khusus bagi penderita gagal jantung. “Diet Jantung” tujuannya agar pasien mendapatkan makanan secukupnya tanpa memberatkan kerja jantung.

      prinsip2 nya:
      1. protein cukup yakni skitar 1-1,2 gr/kg BB, asupan lemak cukup 25 % dari kebutuhan.
      2. kurangi asupan goreng2an, jaga kolesterol darah, buah dan sayuran segar (organik) diperbanyak dan sesering mungkin, misalnya jadikan buah sebagai cemilan dan minuman (jus).
      3. kurangi makanan yg mengandung garam2an dan tingkatkan asupan mikronutrien (vitamin dan mineral, khususnya vitamin C).
      4. kalau bisa hindarilah makanan berkemasan, karena terkadang makanan tersebut banyak mengandung garam yg tdk kita ketahui.
      5. olah masakan anda dengan alami misalnya rebus, kukus, atau tumis. kurangi yg digoreng, bakar, dan panggang.
      6. Olahraga ringan, jangan memaksakan diri tetapi jgn juga tidak mlakukannya.

      Terimakasih, jika butuh diskusi lebih lanjut bisa via email andiimam.arundhana@gmail.com

      semoga senantiasa sehat

  6. mas, tahun ini insyaAllah saya lulus dan mau ambil jurusan gizi IPB, tapi saya masih ragu sama prospek kerja nya nanti, jurusan gizi itu pekerjaannya terjamin apa nggak mas? mas sekarng kerja dimana?

    • Sebagai suplemen aja, saya alumni gizi angkatan 2006 dan dari semua teman se-angakatan hanya ada beberapa yang belum bekerja karena masih melanjutkan sekolahnya saat ini. Tetapi lulusan lainnya sudah bekerja sejak mereka semua lulus kuliah. Tempat kerjanya pun bervariasi, menjadi pegawai negeri di Dinas, rumah sakit, rumah sakit akademis, puskesmas, tenaga gizi di pemda, LSM, asisten dosen, dosen, asisten peneliti, dan berbagai macam tempat yang ada kaitannya dengan gizi dan kesehatan. Sehingga saya berkesimpulan jika alumni gizi itu terjamin. Anda bisa mencoba hal-hal baru ketika lulus nanti, banyak NGO atau perusahaan multinasional yang membutuhkan tenaga gizi, bisa membuka praktik konsultasi gizi, maupun berwirausaha bidang gizi dan itu banyak dilakukan oleh teman2 alumni gizi dari Jawa. Jadi tidak usah ragu ya😉

  7. siang dok,sy seorg ibu,ank sy laki2 berumur 4 thn.jovan gak mau makan nasi,yg dia mau cm roti tawar d kasih selai coklat+ seres,jovan jg suka ngemil roti2 kering,coklat dll.wkt jovan berumur d bwh 2 thn,mau kok makan nasi d kasih sayur n lauk2,,pokoknya ap aj dech smua suka,nah wkt jovan berumur 2 tahun mulai gak suka makan nasi n sekitar 2,5 thn mulai bnr2 gak makan nasi,yg ingin sy tanyakn,gmn crnya agar jovan mau makan nasi lg,krn sy sdh kehabisan akal utk membujuknya.sy mhn penjelasannya,ats perhatiannya sy ucpkn trimksh.

    • Maaf ya baru berkesempatan membalas, pada dasarnya anak-anak akan selalu mencari/minta makanan-makanan yang dia suka, karena pada usia 1-5 tahun anak masih tahap pengenalan. Karena itu upayakan untuk mengenalkan anak dengan berbagai jenis makanan. Untuk kasus seperti anak anda, mungkin Jovan telah mengingat bahwa makanan roti itu sbg makanan utamanya. Jika sudah seperti itu, Anda perlu kerja ekstra untuk membujuk agar anak mau kembali makan nasi lagi.
      Ada perlu melakukan 2 cara agar supaya anak Anda mau berubah. Pertama, Anda harus sedikit keras terkait memberi makanan tersebut ke anak Anda. Mungkin butuh waktu 2-5 hari, jangan berikan anak Anda roti2an itu, batasi hanya 1 kali sehari dan barengi dengan susu. Usahkan konsisten melakukan tahap ini. Kedua, anda harus berinovasi membuatkan makanan-makanan yang enk, yg mungkin belum pernah anak anda coba sebelumnya. Berikan masakan tersebut disertai nasi sedikit (semakin hari terus tingkatkan jumlah nya). Tujuannya agar anak bisa mengenal lebih banyak makanan, dan saya rasa akan ada masakan yang disukai anak. Biasanya dia akan menyukai masakan yang memiliki rasa/tekstur yang mirip dengan kesukaan dia (roti2an).
      Barengi susu dengan suplemen vitamin dan penambah nafsu makan, karena pada masa-masa terapi ini asupan anak akan kurang sehingga butuh suplemen dan asupan tambahan agar fisik tidak drop. Upayakan sejak dini agar kebiasaan anak Anda itu berhenti, karena berisiko akan berlanjut hingga dia dewasa dan tentu saja itu tidak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik dan otak. Roti hanya mengandung karbohidrat, sehingga asupan zat-zat gizi lainnya tidak akn terpenuhi.
      Mari kita berdiskusi ttg ini andiimam.arundhana@gmail.com

  8. Dok saya mw bertanya masalah, akibat dari seringnya makan makanan terlalu cepat, dan masalah kebiasaan merokok setelah makan ?

    • Maaf baru berkesmpatan balas
      Makan makanan terlalu cepat melibatkan mekanisme pencernaan makanan sejak makanan dimasukkan ke mulut hingga menjadi zat sisa yg akan dibuang. Sebaiknya makanan dicerna dengan perlahan dan hingga lembut, hal ini bertujuan agar makanan lebih lunak untuk dicerna oleh lambung dan usus. Selain itu, enzim2 pncernaan akan aktif secara optimal ketika makanan dikunyah dengan cukup (tidak cepat namun tidak lambat juga). Kira-kira beri waktu hingga 10 detik setiap sendoknya, lalu ditelan. Kemudian beri jeda setelah ditelan dengan suapan berikut nya kira-kira 5-10 detik.
      Saya masih belum mendapatkan referensi ttg korelasi kebiasaan merokok setelah makan dgn outcome kesehatan. Namun banyak pendapat mengatakan merokok ketika makan meningkatkan reaksi radikal bebas dalam tubuh berkali-kali lipat.
      Terima kasih

  9. malam dok saya mau nanya apakah makan nasi goreng tiap hari dapat menimbulkan penyakit

    • sebelumnya perlu diketahui nilai gizi dari nasi goreng, misalnya nasi goreng ayam setiap porsinya (sekitar 150 gr) mengandung ±250 kkal, ±35 gr karbohidrat, ±10 gr protein, dan ±9 gr lemak. Dilihat dari nilai gizi makronya nasi goreng mengandung nilai gizi yang cukup bagus, akan tetapi yang saya garis bawahi adalah zat gizi spesifik seperti lemak jenuh 1,8gr, kolesterol 80 mg, serat 1gr, natrium 500mg.
      Serat nasi goreng hanya 1 gr, kandungan natriumnya dan kolesterolnya juga sangat tinggi, belum lagi karena minyak goreng yang digunakan apakah minyak jelanta ataukan yang masih murni (kalau misalnya anda tidak memasaknya sendiri).
      Jika anda mengonsumsinya setiap hari dalam waktu yang lama, memang risiko terkena penyakit akan meningkat karena itu telah menjadi pola kebiasaan. Penyakit terbentuk dari faktor risiko yang dilakukan secara rutin dan telah menjadi suatu pola. Penyakit yang kemudian bisa meningkat risikonya adalah hiperkolesterol, dislipidemia, hipertensi, maupun sembelit (krn kurang serat, jika misalnya anda tidak barengi dengan sayur dan buah).

  10. Maaf, saya ingin bertanya soal telur asin (bebek). Ternyata setelah diawetkan (diasinkan), kandungan telur asin bebek itu, mempunyai kandungan kalsium meningkat 2 x lipat. Artinya telur asin bebek sangat kaya kalsium. Apakah dengan fakta ini, mungkinkah jika kita mempromosikan bahwa telur terbaik yang mengandung kalsium adalah telur asin bebek? Yang berguna bagi pembentukan tulang (anak-anak) dan pencegahan osteoporesis (orang tua).

    • Seperti yang Anda katakan memang ketika telur diasinkan, baik telur bebek maupun telur ayam kandungan kalsiumnya akan meningkat hingga kurang lebih 2x lipat, karena proses pengasinan. Yang tadinya 50 mg menjadi lebih 100 mg. Selain itu kadar protein yang cukup tinggi yaitu 14 gr. Karena nilai gizinya, maka telur asin dianggap sebagai alternatif sumber kalsium dan protein yang baik, jadi bukan rekomendasi sebagai bahan makanan rutin untuk anak-anak dan orang tua.
      Mengapa sebagai alternatif? Karena ternyata telur asin memiliki kadar natrium yg sngat tinggi, 2200 mg, dan kita ketahui bahwa kebutuhan anak2 hanya berkisar <200 mg/hari dan orang dewasa tidak lebih dari 500 mg per hari. Karena itu jika telur asin dikonsumsi terus menerus, khawtirnya meningkatkan risiko hipertensi, terutama pada orang tua. Hal lainnya adalah karena kadar vitamin dalam telur asin tidaklah sama dengan sebelum diasinkan. Karena alasan ini jadi menurut saya telur asin hanya sebagai alternatif sumber makanan yang sekali-kali ada baiknya untuk dinikmati.
      Terima kasih

  11. Salam kenal Bp. Andi
    Nama saya Edmond, tinggi badan 169, berat badan 56kg, masa otot 45kg kadar lemak 16%. ada beberapa pertanyaan mengenai tempe yang saya konsumsi sebanyak 300 gram setiap harinya (di tumis)
    1. saya denger konsumsi kedelai dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kadar estrogen yang dapat berpengaruh buruk terhadap produksi testosteron bagi pria, dan pada akhirnya dapat mempengaruhi nafsu bercinta, apakah hal ini benar?

    2. jika hal tersebut benar, apakah jika saya berhenti mekonsumsi kedelai tersebut maka produksi testosteron & estrogen saya akan kembali normal ?

    3.apakah kenaikan estrogen tersebut akan terjadi jika saya mekonsumsi tempe? karena saya baca tempe yang telah mengalami proses fermentasi tidak mempunyai efek yang sama seperti kedelai terhadap hormon estrogen ?

    terima kasih atas perhatiannya. Salam

    • Mas Edmond, Hormon testosterone adalah hormon sex utama pria, seiring dengan pertambahan usia produksi hormon ini di dalam tubuh berkurang atau bisa juga dikarenakan liver sebagai organ penting terhadap regulasi estrogen terganggu. Ketika testosteron menurun maka akan mempengaruhi libido.
      Banyak penelitian yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa Kedelai adalah pembunuh libido pada pria. Meskipun pria secara alami memiliki beberapa hormon wanita, estrogen, namun makan kedelai dapat meningkatkan estrogen terlalu tinggi dan secara dramatis menurunkan gairah seks. Namun ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kedelai “tidak memiliki efek feminisasi pada laki-laki.” Karena itu masih sangat sulit menyimpulkan apakah memang produk kedelai sangat mempengaruhi.
      Silahkan anda tetap mengonsumsi tempe dan produk olahan kedelai lainnya, karena itu merupakan sumber protein yang sangat baik. Tetapi jumlahnya usahakan 100-200gr sudah cukup banyak dalam sehari, dan jika sudah mengonsumsi sejumlah itu kurangi sumber kedelai dari makanan lainnya spt susu kedelai, kc ijo, dll. Apalagi jika usia Anda masih muda, hasrat seks dapat Anda tingkatkan dengan mempromosikan pola hidup sehat. Saya rasa hal itu yang paling mempengaruhi dibandingkan menghindari tempe. Olahraga teratur justru membuat tubuh Anda lebih bugar dan pastinya membuat kualitas hormon dan sperma lebih baik lagi.
      Cara lainnya adalah jaga kesehatan liver anda sebagai organ penting yang berkaitan dengan produksi hormon estrogen dan testosterone.
      Mungkin bisa lebih dalam dikonsultasikan dengan dokter spesialisnya.
      Terima kasih

  12. saya alan umur 20 tahun, saya ingin menaikkan berat badan dengan cara pola makan yang sehat..saya sudah berusaha untuk mengatur pola makan dan tidur tiap hari 8 jam. asupan kalori juga saya sudah lebihkan. bahkan dalam 1 hari saya sya bisa makan 4x dan dibarengi dengan minum susu 2x sehari. saya lakukan semua itu dalam waktu 50 hari tapi sampai saat ini berat badan ku kok belum nambah2 juga ? mohon tips nya pak dokter.

    • Mas Alan, berat badan dan tinggi badan anda berapa? Siapa tau berat badan anda sudah ideal. Bisa jadi kebutuhan kalori anda memang besar akibat (tingginya aktivitas, kebutuhan metabolik basal tinggi untuk organ tubuh) sehingga tetap saja masih kurang. Hitung kalori berdasarkan berat badan dan tinggi badan anda.

      Dalam kasus yang anda alami, sebenarnya ada 2 teori yang menjawabnya yaitu tentang teori relativitas berat badan (ada pada tulisan saya sebelumnya) dan teori plateau berat badan (tapi belum saya jelaskan di blog ini).

      Seperti halnya orang overweight yang ingin menurunkan berat badannya, menaikkan berat badan bagi orang underweight sangat susah dilakukan. Langkah pertama untuk menaikkan berat badan adalah konsultasi agar supaya langkah-langkah selanjutnya yang anda lakukan tidak sia-sia, dan agar anda mendapatkan informasi bahwa orang dengan berat badan rendah berbeda secara alamiah mekanisme metabolismenya dibandingkan orang dengan berat badan normal juga berat badan berlebih.
      Jika berat badan Anda kurang sebagai akibat rendahnya asupan energi atau tingginya energi yang Anda keluarkan dan bukan karena masalah medis/penyakit, cukup sederhana penanganannya yaitu dengan meningkatkan konsumsi makanan padat energi. Frekuensi makan dan cemilan tinggi kalori seperti sandwich selai kacang, milkshake lebih sering, misalnya diantara waktu-waktu makan. Ini akan meningkatkan asupan makanan anda. Anda juga bisa menggantikan cairan-cairan rendah kalori seperti air dan minuman rendah kalori lainnya dengan minuman jus buah dan susu ditambah gula atau menambahkan madu 2 sdm di air minum anda sewaktu pagi hari.
      Setelah mengatur asupan energi, sekarang fokus pada energi yang dikeluarkan. Komponen penting yang Anda lewatkan adalah olahraga dengan teratur. Olahraga sangat penting untuk merangsang perkembangan otot apalagi diusia muda produktif seperti Anda, pastinya ketika otot-otot bertambah massa tubuh anda bertambah, sel-sel lemak juga bertambah ukuran dan jumlahnya karena sebagian besar sel lemak berada diotot. Ketika jumlah ini bertambah, berat badan Anda juga akan naik. Karena asupan energi yang masuk terutama dari gula, akan disimpan di otot ketika tidak digunakan.
      Simpan dalam pikiran anda, bagaimanapun, kalori tambahan diperlukan sebagai bahan bakar utama aktivitas pembentukan otot. Ini yang paling direkomendasikan untuk orang yang ingin menaikkan berat badan secara natural dan sehat. Oia perhatikan juga meskipun Anda sudah sering makan (4x) tapi setiap kali makan usahakan porsinya mencukupi. Artinya jangan dikurangi jumlahnya. Untuk tidur, saya merekomendasikan cukup 5-7 jam saja, jangan kurang atau lebih.
      Pertahankan apa yang telah anda lakukan dalam 1-2 bulan belakangan ini, karena itu sudah merupakan pola yang sehat, tinggal bagaimana Anda melengkapinya dengan olahraga agar tubuh Anda lebih bugar juga.

  13. berat badan saya 60kg dan tinggi 175cm, aktifitas saya sehari hari kebanyakan hanya di depan komputer karena saya kerja di salah satu perusahaan swasta. nafsu makan ku memang kurang pak dokter tapi pola makan dan tidur saya sudah teratur. apakah saya perlu mengkonsumsi suplemen yang dapat merangsang nafsu makan dokter ? ataukah suplemen makanan lainnya yg dapat membantu menaikkan berat badan.
    terima kasih atas sarannya pak dokter.

  14. Dari tinggi dan berat badan anda, mas Alan masih tergolong status gizi normal dengan IMT >19 (normal 18,5-23). Tapi berada dibatas bawah, artinya turun sekitar 2-4 kg saja Anda sudah dikategorikan underweight. Bisa anda coba dengan supplement penambah nafsu makan jika ingin yang instan tapi terkadang kurang efektif. Saya sarankan anda dengan cara alami saja, misalnya dengan menikmati makanan-makanan yang Anda senangi. Usahakan setiap kali makan, porsinya standar artinya cukup. Kalaupun memang agak kurang, tambahkan setelah anda makan, buah-buahan yang mengandung kalori, dan minuman-minuman sehat (misalnya susu, teh manis, dan jus buah). Ini juga cara yang baik meningkatkan nafsu makan.
    Dan kembali lagi, karena anda kurang berolahraga, usahakan melakukannya di akhir pekan. Rekomendasinya minimal 3 kali seminggu, dan dalam sehari melakukan paling tidak 60 menit aktivitas berat (bisa dengan menyapu, cuci mobil, olahraga angkat beban, dll). Oia renang dengan rutin baik untuk memperbaiki pola tidur dan pola makan, it works.

  15. tapi dok saya pernah mengalami gejala tipes, itulah yang membuat BB saya turun drastis dan sampai sekarang BB ku gk pernah Normal kembali (65kg). saya gak tau mau konsultasi kemana lagi, adakah saran suplemen yang harus saya konsumsi dok ?

    • hehehe maaf Mas untuk suplemen yang baik cocok untuk Anda saya tidak tahu nanti juga kesannya mengkomersialkan produk tertentu. Dan lagi memang tidak direkomendasikan, suplemen tidak diperlukan selama yang bersangkutan menerapkan pola gizi seimbang. Sangatlah tidak bijak jika konsumsi suplemen penambah berat badan sebagai alasan untuk tidak makan
      Yang jelas kalau ingin mencari mungkin lebih bagus dari rempah-rempah alami spt jamu, dibandingkan yang berbahan zat-zat kimia.
      Perbanyak mengemil cemilan sehat ditengah2 waktu istirahat/luang anda. Sebagian besar kalori tambahan diperoleh dari situ. Merokok juga bisa menurunkan nafsu makan sseorang.

  16. salam kenal ya pak..
    saya mahasiswa Gizi UB,
    Terima kasih untuk beberapa linkx..🙂

  17. Mas, umur saya 25 tahun dan tinggi saya 155cm dan berat badan saya 60kg, bagaimana pola diet yang baik untuk saya? Dan seperti apa contoh menunya? Terima kasih

    • Terima kasih Alin
      Indeks massa tubuh anda 24.97, saat ini Anda sudah masuk kategori gemuk. Sehingga untuk mencapai berat badan ideal, perlu mengurangi sedikit asupan kalori dan anda dituntut lebih aktif bergerak. Asupan kalori anda sebaiknya 25 kkal/kg berat badan anda, artinya 25 kkal x 60 kg = 1500 kkal. Kebutuhan protein 20% dari total energi atau sekitar 75 gr, lemak 25% (42 gr), dan karbohidrat 55% (206 gr). Jika diterjemahkan dalam pola diet bisa dikatakan asupan karbohidrat anda sebaiknya diturunkan dan tingkatkan asupan protein dan lemak. Ini untuk menjaga agar cadangan energi anda tetap terjaga meskipun asupan kalori diturunkan.

      Pola diet yang anda lakukan adalah diet rendah kalori bergizi seimbang.

      1) Kurangi asupan nasi sekitar 30% dari yg biasa anda konsumsi, misalnya ganti sarapan nasi dan susu full cream dgn roti putih/roti gandum serta air putih 1 gls.

      2) Hindari sayuran bumbu kacang yg digoreng (mis. gado2, lotek) kalaupun ingin, ushakan kcang disangrai. Konsumsi sayuran yg direbus lebih baik.

      3) Ganti buah2an kaya lemak (kelapa, dan alpukat) dgn buah segar yg banyak air dan seratnya (pir, buah naga).

      4) konsumsi susu skim, yogurt atau susu kedelai, untuk tetap mendapatkan asupan protein dan kalsium yg baik. Begitu pula sumber protein lainnya (bubur kacang hijau disore hari).

      5) Kalau mau makan daging, pilih daging merah atau ayam kampung. Dan lebih baik jika dipanggang, direbus atau dipepes. Hindari jeroan, babat.

      6) Kurangi konsumsi goreng-gorengan/minyak paling tidak kira2 10 gr/hari atau 1 sendok.

      7) Anjuran untuk beraktivitas fisik, 30 menit/hari untuk aktivitas sedang dan 3 kali seminggu untuk olahraga. Nonton TV/computer dan main game tidak lebih dari 5 jam/hari.

      8) Contoh menu sehari; PAGI (Roti putih diberi selai 2 lbr, 1 gls teh dgn gula cukup 1 sdm, dan 1 gls air putih); SNACK PAGI (Salad buah segar atau cukup Pisang ambon 1 bh); SIANG (2 gls nasi=240 gr=106 gr karbohidrat, sayur tumis buncis, 1 ptg sdg ikan laut segar=50 gr=10 gr protein dan 6 gr lemak, oseng2 tempe, 1,5 gls air putih); SNACK SORE (bubur kacang hijau, 1 gls susu skim); MALAM (Nasi merah 1-2 gls, plecing kangkung, ayam isi jamur 1 ptg dada, perkedel jagung, 1 gls air); SNACK MALAM (kentang pasta).

  18. saya seorang bapak yang sangat sibuk kegiatannya, bagaimana diet yang baik ya ? terimakasih

  19. Laila Mardiana

    mas…
    gmana ya sebaiknya kita melakukan konsultasi gizi kpd ibu balita yang anaknya mengalami gizi lebih, memberikan konsultasinya seperti apa? trims

    • Jadi tujuan memberikan konsultasi kpd konselor adalah untuk membangun sikap klien dalam menanggapi masalah yang terjadi pada anaknya. Untuk itu persepsi klien tentang gz lebih sbg suatu masalah kesehatan perlu dibangun.

      Lakukan penjelasan (exploring) tentang masalah gizi lebih dan dmpak2 nya thd kesehatan anak selama masa prtumbuhan, dan risiko2 kegemukan diusia selanjutnya. Serta yg paling penting adalah kira2 mengapa anak ibu tsb bs gemuk. kepada klien perlihatkan grafik pertumbuhan berdasarkan standar WHO untuk memahamkan anak tsb bahwa anaknya diluar grafik normal.

      Setelah itu, Anda dituntut untuk dapat memberikan pemecahan masalah (solution). Berikan opsi2 tentang bgmana pola hidup memberikan efek kesehatan krn orang tua nantinya sbg contoh model bgi anak2nya. Trus bgmn pola pembrian mkn anak balita yang seharusnya, tentunya bergizi seimbang, pahami dgn betul materi gizi seimbang untuk balita.

      Terakhir simpulkan (concluding), bagaimana diet atau makanan yang harus dimakan oleh anak, jika klien melakukan pola A untuk anak maka hasilnya bisa seperti ini, jika B bs seperti itu, dst. Oia sebisanya mungkin gunakan kata-kata yang jelas, bukan istilah atau bahasa medis yang kurang bisa dipahami, misalnya gunakan kata pendek untuk stunting, gemuk untk obes, dll. Serta empati agar supaya klien bs mengikuti maksud dan tujuan pnyampaian Anda.

  20. pak,saya seorang ibu satu putra usia 15 bulan dan masih menyusui sampai saat ini, usia saya 24 tahun dg BB 80kg dan tinggi 155 cm. awalnya saya memang sudah gemuk, tetapi waktu hamil bb saya naik 21kg dan hingga saat ini baru turun 11 kg
    bagaimana pola diet yang baik buat saya, agar produksi asi saya tetap lancar dan bb saya segera ideal?
    dan tolong disertakan contoh menunya
    trmksh banyak
    ^_^

  21. umur saya 18 tahun ingin meninggikan badan,soalnya tinggi badan saya 150 dan bb 48. bagaimana cara menambah tinggi badan saya?

    • Biasanya penambahan tinggi badan terbatas hingga usia 16 tahun pada wanita dan 18 tahun pada pria. Tetapi, sebagian orang, bisa sampai usia 20, jadi tidak mengapa diupayakan.
      Anda sebaiknya rutin melakukan aktivitas olahraga, setelah itu konsumsi makanan-makanan kaya kalsium vitamin D dan protein. Ini akan menjaga proses penguatan dan pertumbuhan tulang utama Anda. Olahraga yang bisa dilakukan renang, basket, dan skipping. Soal makanan misalnya telur, susu kedelai, kedelai, jamur, kacang almond, sayuran buncis, keju, yogurt, pisang, bayam, wortel, ayam, kacang hijau, susu, dan masih banyak lagi.
      Selamat mencoba ya.

  22. asalamualaikum mas, saya mahasiswa D4 Gizi Klinik, Jember mau bertanya bagaimana agar bisa menjadi konsultan yang handal mas??
    saya sendiri masih belum ahli dalam bidang memberikan saran kepada klien, terkadang sayapun sulit menjawab jika ada orang2 yang bertanya seputar masalah gizi/kesehatan

    • hm agak sulit juga sih dijawab hehe
      tapi menurut saya, tidak hanya keilmuannya yang harus Anda miliki tetapi juga skill sebagai seorang konsultan harus terus diasah. Anda baru bisa menjadi konsultan handal ketika telah memiliki pengalaman yang cukup banyak, selagi masih mahasiswa Anda ambil pengalaman2 itu melalui banyak cara misalnya berorganisasi, berinteraksi dengan masyarakat melalui kegiatan sosial/LSM, dan sering-sering melakukan kegiatan baksos dan konsultasi gizi gratis. Disitu Anda akan banyak mendapatkan pengalaman.
      Selain itu, anda juga harus membekali diri dengan wawasan gizi yang terkini sehingga ketika diskusi dengan klien akan lebih berkembang pembahasannya. Cara satu-satunya adalah banyak baca dan cari informasi di seminar-seminar.
      Sukses ya,
      Tks

  23. Saya mau tanya tentang jurusan gizi . Apa saja kekurangan dan kelebihan d4 gizi? Bagaimanajika dibandingkan dengan SpGK?

  24. Dok saya seorang gadis yang berumur 18 tahun… saya memiliki tinggi 162.. tapi berat badan saya mencapai 63 kg… kira-kira diet apa yng bagus saya lakukan? Soalnya saya cuman punya waktu untuk menurunkan berat badan cuman 3-4 bulan saja.. soalnya saya mau melaksanakan tes disalah satu akademik…

  25. Pa saya mahasiswa S1 gizi, bantu cari original journal tentang nutrigenomic dong, kalo bisa sekarang,, terimakasih… saya sudah mencari tapi kebanyakan review aja… terimakasih

  26. pak mohon bantuannya. saya laki2 umur 21 tahun mengalami masalah berat badan (kurus). dari faktor keturunan bapak saya emang kurus tapi ibu sama kakak perempuan saya gemuk.
    apakah saya bisa gemuk ?
    kalau bisa gemuk tips nya apa pak biar gemuk ?

  27. Salam dok, saya pria berumur 23 tahun dan mempunyai masalah dengan berat badan saya. Saat ini tinggi saya 166 cm dan BB saya berkisar antara 53-55 kg, apakah itu sudah ideal? Saya ingin menaikan berat badan saya dengan cara makan teratur, minum susu 2 kali, olah raga ringan dan istirahat yang cukup, namun berat badan saya selalu berkisar diantara angka 53-55. Apakah ada masalah dengan tubuh saya dan apakah faktor keturunan mempengaruhi terhadap BB saya? Program apa yang harus saya lakukan untuk menaikan berat badan saya?

    • berat badan anda sudah ideal, kalau ingin menaikkan, jangan sampai melebihi 63 kg.
      Untuk aktivitas anda sudah baik, kalau mau mudahnya anda coba lakukan body builder, seperti olahraga rutin renang atau fitness. Massa otot yang bertambah akan menaikkan berat badan relatif anda.
      Ada kalanya berat badan kita berkisar itu-itu saja, teori ini dinamakan set point teori. Anda bisa mncari bahannya di blog ini.
      konsul email bs andiimam.arundhana@gmail.com

  28. saya ingin tanya kalau ada kasus seorang ibu muda usia 42 th mulai kena asam urat dan kolesterol tapi darah rendah 90/60 sebaiknya makanan sehari2nya apa ? agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi. trims

    • sebaiknya ibu itu fokus pada masalah asam urat dan kolesterolnya, dijaga agar tidak menimbulkan masalah yang lebih gawat. Misalnya mulai dari sekarang dibatasi konsumsi jeroan dan seafood. Lalu kemudian coba konsumsi pangan lokal dan yang mngandung karbo kompleks. Untuk tekanan darahnya, bisa tenang jika masih belum menimbulkan tanda-tanda yang dirasakan. Anda anjurkan untuk konsumsi kacang-kacangan spt kedelai, blackbean, kacang merah, dll. Rutin berolahraga, usia ibu tsb masih muda shingga olahraga yg mnggerakkan seluruh tubuh menjadi penting, spt jogging.
      trimakasih

  29. Siang kak , saya riska sekarang menjadi mahasiswa poltekkes tanjung karang tngkat 1 . Kak tolong bagi info tentang program diet , masalahnya saya sebagai calon ahli madya gizi juga mengalami obesitas kak .

  30. Pak, usia saya thn ini mau memasuki 31thn. Saya sdh punya anak perempuan. Saat ini sya ingin program hamil lg. Apakah makanan tertentu agar saya bs hamil anak laki-laki? Sebelumnya sya ucapkan trimakasih pa.

  31. Askum pak, saya mahasiswa D3 Poltekkes Makassar. Saya lagi cari judul penelitian tentang BBLR, bagusnya apa?? Trims

  32. assalamu alaikum. pak saya mau menyusun proposal ttg stunted, tapi bingung judul yg bagus itu yg kayk bgmn dgn waktu penelitian 2 pekan.

    • Sebenarnya sangat banyak yang bisa Anda observasi, mungkin untuk waktu yg hanya 2 minggu – 1 bulan yakni variabel perilaku gizi ibu thd stunting pada anak usia 24-59 bulan. Atau bisa juga stunting dan pencapaian hasil blajar. Karna tdk lama lagi ujian nasional, bisa mengukur yg stunting dan tidak stunting rata-rata ujian nasionalnya brp.
      bisa via email: andiimam.arundhana@gmail.com

  33. ass pak untuk anak sistem informasi dan ana TI tecnologi nformasi itu gread di perusahaan yang untuk sekarang paling boming itu yang mana ya pak so saya bingung untuk melangkah selanjutnya.mohon penjelasanya .

    best regard

    ahmat

  34. Saya mau konsultasi bgmn pengaturan menu/ diet untuk saya. wanita, 27 tahun. IMT saat ini 16,42. sudah mencoba bermacam-macam diet, kenaikan paling tinggi mencapai IMT 18,4, tetapi cuma sebentar, setelah itu turun kembali. memang dari kecil tidak pernah mencapai BB ideal seingat saya. Akan tetapi hasil cek darah bbrp bulan yg lalu : Cholesterol total 199, LDL 113, trigliserida 144. dari riwayat keluarga memang adik dan ibu punya dislipidemia, tetapi IMT mereka normal.
    bagaimana pengaturan diet agar bisa menaikkan berat badan tanpa takut akan kenaikan kolesterol? terima kasih

  35. Dok, saya seorang siswa SMA, umur saya 16 tahun dengan berat badan 57kg dan tinggi 162 cm. saya ingin menurunkan berat badan menjadi 46 kg. apakah dalam waktu sekitar 4 bulan saya bisa mencapai target? bagaimana cara yang sehat untuk dapat mencapai target tersebut dok?
    terimakasih sebelumnya

  36. Dok, tinggi saya 158 dan brat saya 41 kg, saya akhir2 ini tdak nafsu makan, sehabis makan selalu mual, itu bagaimana solusi nya ya dok, trima kasih

  37. Toto Juharto

    Salam kenal dok, saya sering baca artikel di internet bahwa gula aren (yang terbuat dari Bunga jantan pohon enau) aman di konsumsi penderita diabetes, apakah benar begitu karena kebetulan saya adalah penderita diabetes.

    Terima kasih

    • Mohon maaf saya masih kurang mendalami itu, tapi setahu saya asalakan bukan gula pasir atau pemanis dan glongan gula sederhana seperti fructose dll mungkin tidak masalah dikonsumsi oleh penderita diabetes.
      Kalau ada informasi kami akan sampaikan.
      Terima kasih

  38. sore dokter, saya diana 22th tinggi badan 155 berat hanya 35kg bagaimana saya bisa menaikkan berat bdn saya dok? saya makan teratur 4sehat5sempurna seperti teman2 yg lain. saya sudah rontgen , cek darah lengkap, semua sehat dok tdk ada masalah. keluarga tdk ada riwayat penyakit kronis. orang tua saya tidak gemuk bgt juga tidak terlalu kurus. saya pernah ke pengobatan alternatif, katanya empedu saya kering, jd dalam memproses makanan tidak tercerna dgn sempurna dok, lalu saya diurut dan naik 2kg dalam 3bln, hanya diurut dan tidak diberi obat dok. kenapa empedu saya bisa kering dok? apa obatnya dok supaya empedu saya normal agar pertumbuhan badan saya tidak terhambat? tolong saya dok, saya sangat ingin tau kenapa empedu saya kering, terimakasih.

  39. Saya wanita umur 26 thn sdh menikah dan pnya anak…bb saya 45 tinggi 158cm…bagaimana cara utk menaikkan badan yg permanen…soalnya dari dulu sblm menikah sampai skrg sayasusah utk menggemukkan badan padahal makan saya banyak…terima kasih..

  40. Assalamualaikum kk, punya literatur tentang Hubungan Hipertensi dengaan kebiasaan minum kopi??

  41. Dok.,saya mau tanya seputar mslah berat badan. Usia saya 23 bb 64 tb 160,.untuk penurunan berat badan yg benar sperti apa? Saya prnah diet tp efeknya rambut rontok..tolong saranya dok,terimakasih.

  42. Hallo, dok saya Yohanna
    Sebelumnya saya sudah membaca blog mas dan ingin berkonsultasi tentang diet

    Saya sebelumnya memiliki bobot tubuh 115 kg dan tinggi 165 cm
    Semenjak muncul OCD, akhirnya saya mengikuti OCD dan berhasil mengurangi bobot tubuh hingga 75 kg pada saat ini selama 8 bulan.

    Dan pada saat ini, saya masih menjalankan OCD, tapi berat badan saya naik turun
    Kdg bs 74, besoknya bisa 75, kalau saya lari pagi atau olahraga sehingga berkeringat maka berat badan saya tidak akan naik, tetapi kalau saya tidak berolahraga 1 hari, maka berat badan saya bisa naik hingga 2 kg perhari. Padahal pola makan saya ketika berolahraga dan tdk berolahraga itu sama tidak berlebihan. Mengapa bisa begitu ya?
    Apakah saya terkena dampak yoyo diet ? Jika iya, bagaimana mengatasinya ?

    Saya juga ingin menanyakan soal buang air kecil. Kadang ketika saya banyak minum, dan rasanya ingin membuang urine, tapi kenapa urine yang keluar sedikit sekali ?

    Mohon bantuannya, terima kasih🙂

  43. Dear Dokter Andi Imam Arundhana S.Gz ,,

    Saya iya, 24 tahun saya ingin menanyakan :
    Pertama, Apakah benar perasan jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat dan diminum di pagi hari setiap hari baik untuk kesehatan ?
    Kedua, Apakah ada pengaruh positif atau negatif jika saya meminum dengan kondisi saya mempunyai penyakit maag namun tidak kronis.
    Ketiga, apakah cara diet untuk menurunkan berat badan benar jika sarapan hanya perasan jeruk lemon, jus buah pepaya , wortel dan tomat. makan siang semua lauk pauk yang direbus. makan malam seperti sarapan pagi tetapi tidak dengan perasan jeruk lemon.

    Thanks,
    Neng

  44. asalamualaikum mas saya lulusan sma ipa lebih baik ambil gizi d3 atau d4? dan apa bedanya makasii🙂

  45. Mas saya wanita umur 20thn
    Saya mau tanya cara menggemukan badan gmna ya ?
    Saya sudah mkn dlm porsi yg ckup besar tp ga gemuk jg
    Caranya gmna ya biar gemuk ?
    Makasih

  46. Malam dok, sy ibu rmh tga usia 36 tahun berat badan 65kg TB 150cm. Sy sudah coba mengurangi karbohidrat & gula serta lemak tp berat badan sy tidak kunjung turun malah bertambah naik terus menerus. Apa yang harus sy lakukan agar berat badan sy ideal

  47. konsultasi diet

  48. Salam kenal dok ,
    Adik perempuan saya umur-nya 13 tahun , tingginya 163 dan berat nya 60 kg . Dia mau diet, kira2 diet yang baik gimana ya buat adik saya ?

  49. Assalamu alaikum, maaf dok, saya meneliti tentang asupan zat gizi makro dan mikro dengan kejadian stunting anak balita, tapi bukti penelitian zat gizi mikro masih kurang sekali. Apa dokter punya referensi tentang itu ? mohon dishare, terima kasih. Wassalam

  50. mas mau nanya mas tau tidak apa saja yang di tes kan kalau kita mau alih jenjang dari d3 ke s1? terimakasih🙂

  51. Salam kenal dok,
    Saya pria nama eric usia 49 th tinggi 178 kg berat 62kg, saya sudah tidak punya kantong empedu sebab diangkat sehingga makan harus dijaga. Disisi lain kolesterol saya tinggi Total 216 dan asam utar juga tinggi 7. Bagaimana menyikapi pola makan untuk saya. Apa yg boleh dan apa yg dilarang.

    Tks

  52. Mas umur saya 23 thn tinggi bdan 174 n bb 57 saya brtbuh kurus..gmn mas y agr bisa gemuk pdhal sudah makan banyak n usaha kaya susu bb udah tp ko gx gemuk2..n pa penyebabya ya…
    Trimakasih…blz

  53. assalamualaikum mas, saya ingin menaikkan berat badan saya agar ideal,,
    krna tinggi saya kurang lebih 155 berat badan 42 kg dan umur saya 19 jalan 20..
    bagaimana cara menaikkan berat badan nya dan kira2 berapa berat ideal yang sesuai dengan saya?
    wanita

  54. julaiakhakbarlea

    Ass..
    sya s orang ibu 2 anak umur 31..mau tnya ttng cara menguruskan badan krna tt sya 155 dgnbb 58kg..sya pnya sakit maag akut tp suka minum kopi instan..

  55. Meica Else H.P

    Kak,mau nanya saya baru masuk kuliah d slh satu kmpus swasta di jkarta .. saya baru tau kmrn gara2 baca slh satu blog alumni gizi jga ? Yang mau saya tnyakan apakah ilmu gizi jga ada profesi’a ? Apa kalau blm mlakujakn profesi blm bsa bekerja ? Dn klo mau mlanjutkn k profesi dari sarjana gizi brp tahun y ? Trus hrus buat skripsi jga atau gmn,kak ? Mksh

    • Iya setelah Anda lulus sbg sarjana gizi anda bisa melanjutkan profesi gizi yg biasa kita sebut sbg Dietitian. Biasanya pendidikan profesi itu 1,5 tahun. Nmun kalau tdk mngmbil profesi tdk apa2 jg, ttp kbutuhan sarjana gizi masih ada dan ckup banyak.

  56. kak mau nanya bagusan susu pasteurisasi atau susu uht? terima kasih

  57. Saya ana, usia 24 tahun. Tinggi badan 151, berat badan 32kg. Pernah juga 38 kg. Saya ada keturunan kurus. Konsumsi makanan berat 3-4 kali sehari dgn cukup sayuran dan buah, susu 1-2x sehari. Saya tdk merokok dan begadang namun jarang sekali menyengaja olahraga. Bagaimana solusi utk berat badan saya? thanks

  58. maaf saya ingin bertanya. saya perempuan usia 19th tinggi saya 157 dan bb saya 68. saya udah banyak menjalankan program diet tapi belum berhasil. kira kira saran dokter diet seperti apa yg cocok untuk saya? terimakasih

  59. Berat badan saya 48kg tinggi 145cm sudah menikah memiliki 2 anak, gimana turunin berat badan

  60. assalamu alaikum. permisi pak, saya mau bertanya tentang FFQ semi kuantitatif. bagaimana proses pengolahan datanya.
    terimah kasih sebelumnya

  61. Salam kenal,
    Saya punya adik cewek umur 29 tahun tinggi badan 165 cm, berat badan 120 kg. selama ini sudah berupaya melakukan berbagai cara untuk diet termasuk cara ODC namun belum berhasil juga. Dokter, bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan yang sudah masuk kategori obesitas tersebut ?.

    Terimakasih

  62. permisi dok, saya umurnya 20th berat badan saya 60kg dengan tinggi 157 cm. Dalam 3bulan ini sayavharus menurunkan bb. kira2 gimana ya dok, tips diet yg baik buat saya?

  63. Saya ingin bertanya, kalau ingin melanjutkan kuliah jurusan gizi apakah tidak boleh kurus ? Adakah syarat syarat tertentu.

  64. Dokter, saya ibu yang sedang menyusui, anak saya baru berumur 4 bulan. Badan saya kurus sekali, bahkan jauh dari ideal. Saran dokter untuk menggemukkan badan dengan cara apa selain makan banyak, istirahat cukup, dan olahraga? Karena faktanya ibu menyusui waktunistirahatnya tidak proporsional. Saya sempat googling obat herbal yang aman untuk dikonsumsi ibu menyusui, beberapa diantaranya ada Gold Jelly Gamat-G, herbalife, dan tiens. Menurut dokter yang aman untuk saya konsumsi yang mana? Karna semua keterangannya aman untuk ibu menyusui, hanya saja saya masih ragu sebelum saya konsultasikan terlebih dahulu fengan ahli gizi.

    Terima kasih.

  65. Mas, salam kenal saya yosep umur 23, bb 129-130 kg, tinggi 182 cm, program diet yang baik gimana ya, saya sudah mencoba beberapa program tapi tidak bisa juga. Yang ada ketika berhenti malah bb naik. Mohon petunjuknya. Salam

  66. Permisi.. sy mau tanya kira2 kalo berat badan 47 dgn tinggi badan 150cm dan usia 24 th.. itu kelebihan berat badan atau msh standar.. Trimakasih

  67. Pagi dok, saya wanita berusia 25 tahun, dengan tinggi 160cm dan bb 57kg dan sudah memiliki seorang putri. saya ingin menurunkan berat badan sampai angka 50kg, namun rasanya sangat sulit. meskipun di kalkulator BMI menunjukkan angka 22, tapi saya masih memiliki perut buncit bekas melahirkan & paha besar. aktivitas saya setiap hari sebagai pekerja kantor yg lebih banyak duduk, dan saya workout sore pulang kerja dg dvd, namun berat saya tetap stuck disitu padahal saya sudah tidak makan nasi, ganti dg oatmeal & mengurangi makanan berlemak. jujur sy masih bingung dg cara menghitung kalori, apa yg harus sy lakukan dok? terima kasih.

    • Menurut sy yg perlu anda lakukan adalah mempertahankan bb anda krn itu sdh sangat ideal. Namun khsusu perut usahakan jgn melebihi 84 cm. Lakukan sj olahraga yg mnngerakkan otot perut dan paha misalnya jogging dan renang.

  68. Pagi.. saya wanita usia 19 tahun. tinggi badan saya 158 dan berat badan 52. Apakah saya termasuk kegemukan? kalau memang iya, sebaiknya saya menurunkan berat badan berapa kilo agar ideal dan diet seperti apa yang baik untuk saya? karena riwayat keluarga saya, adalah kegemukan semua dan saya mudah gemuk.. email : aulia.teaku@gmail.com

  69. Selamat Siang,

    saya mau tanya, umur saya 20 tahun, berat saya tidak ada 40kg,
    nafsu makan saya slalu menurun, bagaimana meningkatkan nafsu makan saya?
    ke kantor saya bawa bekal, pagi terlihat sedap makanannya, lalu pas siang meskipun makanan sudah di panasin, nafsu saya untuk makan selalu hilang dan makan selalu tidak habis, dan ini terjadi hampir setiap hari.
    apa yang harus saya lakukakan untuk menambah berat badan saya menjadi ideal?
    Terkadang saya masih pilih-pilih makanan, saya tidak suka buah, hanya buah tertentu saja saya makan, dan jarang makan.

    Adakah penyakit yang saya alami?

  70. Mas….saya mau Tanya anak saya baru umur 1 tahun mengalami gizi buruk…dia susah makan kalau mkn selalu sedikit paling sekitar 3 -5 suap terkadang langsung di muntahin…menurut mas apa yang Jami lakukan biar ank lami tetap sehat,banyak makan?tolong bantu kami…terima kasih

    • Anda berikan secara bertahap. Jgn dipaksa lgsg banyak dlm skali makan. Ckup bbrp sndok tpi frekuensinya sering. Bs setiap 2 jam. Berikan juga Asi ibunya pak. Kmudian tlong segera dibawa ke Puskesmas atau rmh skit untuk mndapatkan pnanganan masalah klinisnya.

    • Pak Mario berikan anak Anda secara bertahap, jangan paksakan mkn lgsg banyak. Klo batasnya 3 sdm makan tdk apa brikan setiap 1-2 jm. Krn saat ini anak ada mmiliki masalah pd metabolisme. Tahap slnjutnya anda bs lwat email.

  71. hallo bg,saya mempunyai keponakan berusia 3 tahu,dia tidak mau makan nasi,dia hanya mau minum susu,jika dia lapar dia akan meminta susu kepada ibunya,sehingga berat badannya tidak naik-naik. bagaimana cara mengatasinya bg?

    • Terkait praktik pemberian makan pada anak perlu strategi. Krn usia 3 thn mmg sbaiknya sdh konsumsi mknan rumahan tp jgn dpaksa jg nnti btul2 tidak suka. Variasikan makanannya, nnti sisipi nasi sdkit dmi sdikit. Jgn lupa cr makanan pnggnti karbo untu mmnuhi kbutuhan kalorinya. Coba beri sereal atau roti. Usahakan konsumsi nasi cari makanan yg dia paling suka dan dicmpurkan saja. Tks

  72. Pak.. Say wanita dengan tinggi badan 158 cm.. Berat badan saya 52.. Saya ingin diet.. Berapa berat badan yang ideal menurut bapak?

  73. Assalamualaikum dok, saya ingin menurunkan berat badan saya dok, diet apa ya yang bagus? Saya memiliki tinggi badan 155 dan berat badan 53 dok.. dan saya hanya memiliki waktu 1 bulan dok karna saya harus memiliki berat badan ideal.. mohon bantuannya dok
    Ini email saya : ismimegawati@gmail.com

  74. siti nurjanah

    Mas, saya mw tanya cara meningkatkan napsu makan gimana yah??
    Masalahnya berat badan saya sangat kurang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: