Meningkatkan memori dan memperbaiki mood


Otak manusia merupakan hardware sempurna yang mengendalikan sebagian besar mekanisme pada sistem organ, mental, serta mood. Terdiri dari jutaan bahkan miliaran serabut saraf yang saling terhubung yang disebut neuron. Para pakar mengatakan bahwa semakin banyak koneksi antara neuron otak, maka semakin maksimal kinerja otak anda. Neurotransmitter, suatu senyawa pembawa pesan di otak, akan semakin meningkat ketika otak sering digunakan. Saat anda belajar, koneksi-koneksi otak akan meningkat. Sedangkan saat berfikir atau mengungkapkan emosi, anda meningkatkan neurotransmitter. Baik otak maupun neurotransmitter akan dipengaruhi oleh apa yang anda makan dan minum.

Neurotransmitter, seperti serotonin, menjadi sangat penting peranannya karena memori dan mood dipengaruhi oleh senyawa ini. Serotonin meningkatkan memori anda melalui asam amino dari asupan protein, serta mempengaruhi mood dengan asetilkolin. Salah satu sumber asam amino yang baik diantaranya susu, telur, kacang kedelai, maupun daging. Sedangkan asetilkolin dapat anda peroleh dengan mudah di ikan terutama ikan sarden sebagai sumber kolin. Kolin akan diubah menjadi asetilkolin oleh enzim dan dirangsang oleh vitamin B5. Karena itu asetilkolin, jika dikombinasikan dengan vitamin B5 terbukti efektif meningkatkan performa mental dan memori.

Singkatnya, produksi neurotransmitter di otak tergantung dari makanan dan minuman yang anda konsumsi, secara spesifik vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang anda konsumsi tidak hanya mengubah glukosa menjadi energi, tetapi sebagai makanan untuk otak yakni melalui mekanisme pengubahan asam amino dan asetilkolin menjadi neurotransmitter. Karena itu asupan optimal vitamin dan mineral akan sangat baik untuk memori dan mood anda, membuat anda berfikir cepat dan dapat berkonsentrasi dalam waktu yang lama.

Posted on 28 February 2014, in Health and Nutrition, kontroversi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: