Kenali penyakit jantung


sayangi jantung anda

sayangi jantung anda

Masalah yang paling berisiko dan berpotensi mengancam jiwa penderita penyakit jantung adalah masalah pada arteri. Misalnya masalah penimbunan dinding arteri oleh plak yang akan menyebabkan aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah. Jika aterosklerosis terjadi akan dapat menghalangi jalur arteri dan tentunya hal itu akan menghambat aliran darah. Aliran darah yang terhambat akan menyebabkan bagian jantung tersebut akan rusak dan tidak berfungsi secara tiba-tiba karena kurangnya oksigen, masalah itu disebut dengan infark miokardial atau serangan jantung. Biasanya sebelum hal itu terjadi, penderita mengalami tanda-tanda akibat suplai oksigen ke jantung terhalangi, seperti rasa nyeri seperti terbakar pada dada. Jika sumbatan tersebut terjadi di otak, sel otak akan rusak lalu mati dan tidak berfungsi, kondisi inilah yang disebut dengan stroke. Jika perifer arteri terhalangi, maka akan menyebabkan sirkulasi yang buruk. Arteri di otak sebenarnya sangat rapuh, saking rapuhnya biasanya stroke diakibatkan  bukan karena penyumbatan tetapi karena pembuluh darah arteri yang pecah. Begitu juga blokade yang biasanya terjadi di bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki yang menimbulkan rasa sakit oleh karena terjadi thrombosis (pembekuan darah).

waspadai penyakit jantung, rutinlah memeriksa kesehatan jantung anda

waspadai penyakit jantung, rutinlah memeriksa kesehatan jantung anda

Faktor utama yang bertanggung jawab atas penyakit jantung adalah aterosklerosis dan penggumpalan darah. Faktor lain yang juga menyebabkan penyakit jantung selain 2 faktor utama tersebut adalah ateriosklerosis. Arteriosklerosis atau pengerasan arteri adalah suatu proses dimana serabut otot dan lapisan endotel arteri kecil dan arteriola penebalan. Karena pada dasarnya arteri bersifat elastis, namun seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas tersebut berkurang baik ada maupun tidak adanya aterosklerosis. Kurangnya asupan vitamin C dicurigai sebagai faktor yang mempercepat berkurangnya elastisitas arteri. Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen yang merupakan senyawa yang menjaga kelenturan arteri. Aterosklerosis, ateriosklerosis, dan penggumapalan darah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, risiko thrombosis, angina, serangan jantung, dan stroke. Sedangkan menurut sejarahnya, pada tahun 1913 seorang ilmuwan Rusia (Dr. Anitschkou) berhasil menemukan bahwa kolesterol menyebabkan penyakit jantung. Sehingga sejak saat itu banyak dokter (general practitioner) banyak merekomendasikan diet rendah kolesterol bagi mereka yang mempunyai masalah dengan jantung. Meskipun demikian dari beberapa penelitian lainnya bahwa penyakit jantung tidak sepenuhnya disebabkan oleh kolesterol.

Posted on 21 May 2013, in Health and Nutrition, Material, What you are eat and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: