Monthly Archives: May 2013

kurang air bisa menyebabkan kegemukan

sumber: http://www.sangbuahhati.com/2013/04/kurang-asupan-air-ternyata-bisa-memacu.html

KURANG asupan air ternyata bisa memacu obesitas, penurunan daya ingat, kemampuan kognitif, kewaspadaan, menjadi cepat lelah, bahkan bisa memunculkan ketegangan,  dan rasa cemas.

Apa hubungannya asupan air dan obesitas? Kurang air di dalam tubuh ternyata erat kaitannya dengan obesitas. Pasalnya, air berperan besar memperlancar metabolism tubuh. Air berfungsi sebagai bahan bakar untuk proses pembakaran kalori dari makanan yang kita konsumsi. Penelitian menyebutkan, konsumsi air yang cukup berperan menurunkan risiko obesitas hingga 30%. Bukan hanya itu, air juga membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Semakin banyak racun yang tertumpuk, maka semakin sulit berat badan diturunkan. Pencernaan yang tidak lancar juga akan menghambat penyerapan nutrisi. Akibatnya, tubuh akan memberi tanda lapar.

Asupan air juga akan mempengaruhi fungsi hati atau lever yang mengatur pelepasan lemak tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka hati cenderung menimbun lemak. Obesitas hanyalah satu dampak dari kurangnya asupan air ke dalam tubuh. Riset yang sudah dipublikasikan di The Journal of Nutrition menyebutkan, selain mempengaruhi kerja fisik, kekurangan air juga mempengaruhi mood seseorang.

Penelitian terhadap 51 pria dan wanita sehat selama tiga bulan menunjukkan, dehidrasi pada pria menyebabkan penurunan daya ingat dan kewaspadaan. Sementara pada wanita, menyebabkan penurunan kemampuah kognitif,  kelelahan, ketegangan, dan rasa cemas.

Pada anak, dehidrasi ringan kurang lebih ditandai dengan gejala yang sama. Sulit konsentrasi, mood terganggu, cepat lelah, dan berbagai gejala fisik lainnya.  Pada orang dewasa, dehidrasi  juga terbukti meningkatkan tekanan darah dan mengganggu kerja seluruh organ tubuh. Jika tidak segera ditangani, bisa menyebabkan pingsan bahkan kematian.

Kebutuhan Air

Begitu besar peran air di dalam tubuh manusia, tidak mengherankan jika air dalam konsep tumpeng gizi seimbang yang  direkomendasikan pada ahli gizi, mendapat porsi terbesar. Masalahnya, berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Ahli Gizi dari Jogjakarta Andi Imam Arundhana SGz menjelaskan, air merupakan komponen terbesar di dalam tubuh. Sekitar 80% tubuh manusia mengandung air, 60% pada orang dewasa, dan 50% pada lansia.

Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh. Andi menjelaskan, angka kecukupan yang direkomendasikan adalah 2.200 ml/hari untuk laki-laki dewasa, 2.000 ml/hari untuk wanita dewasa, 1.600 ml untuk anak usia 4-8 tahun dan 1.900-2.000 ml/hari untuk anak usia 9-13 tahun.

Air yang diminum, jelas Andi, tidak mesti air putih. Minuman seperti teh, susu, kopi, dan air yang terkanding dalam buah-buahan juga dihitung sebagai asupan. Hanya saja, air putih yang dianggap terbaik, karena mudah diserap tubuh. “Karena itu, orang yang sering mengonsumsi pil, tablet, obat, dan multivitamin, sangat dianjurkan memperbanyak minum air putih, agar bahan kimia yang terkandung dalam obat/multivitamin dapat ikut larut dan keluar bersama air seni. Jika tidak, maka risiko terkena batu ginjal akan lebih tinggi,” papar Andi. Kekurangan asupan air memang berbahaya. Namun, Andi mengingatkan agar jangan lantas minum air putih berlebihan. Asupan air yang melebihi batas normal pun tidak baik, karena berisiko menyebabkan pembengkakan jantung dan otak.

Nah bunda, yuuk mulai perhatikan asupan air di dalam keluarga. Biasakan juga buah hati minum air putih. Ketika diare dan flu, jangan lupa untuk menambah porsi asupan.

sumber: http://www.sangbuahhati.com/2013/04/kurang-asupan-air-ternyata-bisa-memacu.html

Foto:  parentsforhealth.org

Kopi: dari afrika untuk seluruh dunia

Biji kopi

Kopi menurut sejarahnya bermula dari Afrika, yang ditemukan pada tahun 800 SM kemudian para saudagar Arab membudidayakannya di Timur Tengah sekitar tahun 1.000 SM. Awalnya penemuan kopi secara tidak sengaja oleh seorang gembala dari suku bangsa Ethiopia, gembalanya memakan tanaman kopi dan membuat mereka terjaga bahkan hingga malam tiba.

Bangsa Arab berhasil membudidayakan tanaman kopi oleh karena peradaban bangsa Arab lebih baik dibandingkan bangsa Afrika. Mereka melakukan pengolahan biji kopi dengan dimasak serta direbus untuk diambil sarinya. Walaupun pengolahan biji kopi di Arab lebih berkembang dibandingkan daerah asalnya namun budidaya tanaman kopi di luar Arab belum ada. Hal itu disebabkan belum adanya pengetahuan mengenai tanaman kopi oleh daerah lain, bangsa Arab hanya mengekspor biji kopi yang sudah dikeringkan dan siap dikonsumsi sehingga tidak memungkinkan untuk ditanam. Meskipun begitu, budidaya tanaman kopi di semenanjung Timur Tengah terus berkembang, karena bagi sebagian penganut agama orthodox menjadikannya sebagai minuman suci yang membuat mereka terjaga untuk melakukan ibadah sepanjang malam. Pada tahun 1475 dibukalah kedai kopi yang pertama di dunia yang diberi nama Kiva Han yang berlokasi di Konstantinopel Turki.

Tanaman kopi mulai di budidayakan di luar negara-negara Arab pada tahun 1600, pada saat itu ada seorang pedagang dari India yang berhasil membawa tanaman kopi keluar dari Arab.  Biji kopi yang pertama kali tumbuh diluar negara-negara Arab dan Afrika adalah di Italia, kedai kopi pertama di Italia berdiri pada tahun 1645 diikuti Inggris yang mendirikannya pada tahun 1652. Karena kebutuhan pasar di Eropa sangat banyak sehingga budidaya tanaman kopi dilakukan di banyak negara-negara Eropa, pada tahun 1616 Belanda juga berhasil membudidayakannya lalu membawanya ke Pulau Jawa untuk di kultivasi secara massal sewaktu masa invasi mereka di Indonesia.

Abad 17 ini bisa dikatakan sebagai masa perkembangan tanaman kopi, karena tidak hanya dibudidayakan di Arab dan Eropa melainkan juga telah dikenal di Benua Amerika. Minuman kopi menjadi minuman favorite orang-orang Amerika pada masa itu, dan berhasil menggantikan Bir sebagai minuman utama mereka. Era perindustrian kopi di Brazil juga dimulai sekitar tahun 1700-an dan sekarang menjadi negara sebagai penghasil Kopi nomor 1 di dunia. Brazil berhasil membudidayakan kopi dalam skala yang sangat besar sehingga bisa diekspor ke negara-negara benua Amerika dan benua lainnya termasuk Asia.

Sekitar tahun 1710 an Raja Perancis mendapatkan hadiah kopi dari colonial Belanda, dan seorang perwira angkatan laut ingin membawa sebagian varietas koleksi kopi raja Perancis untuk dikembangkan di Martinik, namun Raja Louis XIV menolaknya. Sehingga perwira tersebut memimpin pasukan dan mencuri tanaman kopi tersebut lalu membudidayakannya di Martinik. Hasilnya hanya dalam kurun waktu setengah abad, Martinik menjadi penghasil kopi utama pada masa itu, dimana sekitar 18 juta pohon kopi tumbuh dengan varietas yang beragam.

Memasuki tahun 1900 banyak inovasi-inovasi yang telah berkembang dalam pengolahan kopi di seluruh dunia. Jepang berhasil memproduksi minuman kopi cepat saji pertama di dunia pada tahun 1900, pada tahun yang sama perusahaan Hill Bross di Amerika berhasil menjual minuman kopi yang dikalengkan dan mendapat penerimaan yang baik oleh masyarakat sehingga pada tahun 1920 penjualan kopi di Amerika Serikang meningkat tajam. Kemudian diikuti dengan hak paten Nescafe di Swiss oleh perusahaan Nestle, pemisahan kafein dari kopi oleh seorang Germanian dan menjualnya di Amerika dengan nama produk Sanka, dan Achilles Gaggia kebangsaan Italia berhasil membuat inovasi kopi Mocchacino untuk pertama kalinya. Itulah perkembangan budidaya dan pengolahan kopi dari tahun ke tahun dan hasilnya bisa dapat kita nikmati sekarang inidengan metode pengolahan dan rasa yang lebih beragam lagi.

sumber: khasiat bombastis kopi, the miracle of caffein

Kenali penyakit jantung

sayangi jantung anda

sayangi jantung anda

Masalah yang paling berisiko dan berpotensi mengancam jiwa penderita penyakit jantung adalah masalah pada arteri. Misalnya masalah penimbunan dinding arteri oleh plak yang akan menyebabkan aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah. Jika aterosklerosis terjadi akan dapat menghalangi jalur arteri dan tentunya hal itu akan menghambat aliran darah. Aliran darah yang terhambat akan menyebabkan bagian jantung tersebut akan rusak dan tidak berfungsi secara tiba-tiba karena kurangnya oksigen, masalah itu disebut dengan infark miokardial atau serangan jantung. Biasanya sebelum hal itu terjadi, penderita mengalami tanda-tanda akibat suplai oksigen ke jantung terhalangi, seperti rasa nyeri seperti terbakar pada dada. Jika sumbatan tersebut terjadi di otak, sel otak akan rusak lalu mati dan tidak berfungsi, kondisi inilah yang disebut dengan stroke. Jika perifer arteri terhalangi, maka akan menyebabkan sirkulasi yang buruk. Arteri di otak sebenarnya sangat rapuh, saking rapuhnya biasanya stroke diakibatkan  bukan karena penyumbatan tetapi karena pembuluh darah arteri yang pecah. Begitu juga blokade yang biasanya terjadi di bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki yang menimbulkan rasa sakit oleh karena terjadi thrombosis (pembekuan darah).

waspadai penyakit jantung, rutinlah memeriksa kesehatan jantung anda

waspadai penyakit jantung, rutinlah memeriksa kesehatan jantung anda

Faktor utama yang bertanggung jawab atas penyakit jantung adalah aterosklerosis dan penggumpalan darah. Faktor lain yang juga menyebabkan penyakit jantung selain 2 faktor utama tersebut adalah ateriosklerosis. Arteriosklerosis atau pengerasan arteri adalah suatu proses dimana serabut otot dan lapisan endotel arteri kecil dan arteriola penebalan. Karena pada dasarnya arteri bersifat elastis, namun seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas tersebut berkurang baik ada maupun tidak adanya aterosklerosis. Kurangnya asupan vitamin C dicurigai sebagai faktor yang mempercepat berkurangnya elastisitas arteri. Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen yang merupakan senyawa yang menjaga kelenturan arteri. Aterosklerosis, ateriosklerosis, dan penggumapalan darah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, risiko thrombosis, angina, serangan jantung, dan stroke. Sedangkan menurut sejarahnya, pada tahun 1913 seorang ilmuwan Rusia (Dr. Anitschkou) berhasil menemukan bahwa kolesterol menyebabkan penyakit jantung. Sehingga sejak saat itu banyak dokter (general practitioner) banyak merekomendasikan diet rendah kolesterol bagi mereka yang mempunyai masalah dengan jantung. Meskipun demikian dari beberapa penelitian lainnya bahwa penyakit jantung tidak sepenuhnya disebabkan oleh kolesterol.

6 Cara Agar Otak Makin Pintar

Tahukah Anda, Jika kebanyakan orang tidak khawatir dengan kondisi penurunan memori yang mungkin terjadi beberapa tahun ke depan?

6-Cara-Agar-Otak-Makin-Pintar

Menurut penelitian di University of Virginia, gangguan memori bisa muncul sejak usia 20-an. Setelah mengevaluasi lebih dari 2.000 pria dan wanita berusia antara 18-60 tahun selama tujuh tahun, para peneliti menemukan bahwa pada usia 27, kecepatan otak dalam memecahkan teka-teki, dan penalaran mulai menurun.

Namun Anda tidak perlu panik. Otak masih memiliki kemampuan untuk menyimpan memori. Hanya saja pemanggilan memori tersebut sedikit tersendat. Ini menunjukkan bahwa otak harus dijaga kesehatannya agar tetap fokus dan berfungsi optimal.

Berikut 6 langkah sehat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak agar tetap berfungsi optimal.

Tetap Aktif

Kebugaran fisik dapat meningkatkan ukuran hippocampus (bagian otak yang terhubung dengan ingatan jangka panjang). Lakukan jenis latihan apa pun agar darah Anda mengalir dengan baik. Jogging dan renang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan fungsi otak Anda.

Lengkapi dengan Omega-3

Gary Small dari iBrain menyebutkan, “Apa yang baik bagi jantung Anda, tentu akan baik untuk otak Anda”. Dia menyarankan agar Anda mengisi diet dengan makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan berwarna cerah dan sayuran, ditambah asam lemak Omega-3 dari ikan dan minyak zaitun.

Pikirkan dan Visualisasikan

Berlatih dengan isyarat. Jika Anda perlu mengingat beberapa hal baik benda maupun angka cobalah untuk membuat catatan sebagai hafalan untuk memori dalam otak Anda. Catatlah hal-hal detail yang sekiranya sulit untuk Anda ingat.

Jangan Andalkan Gadget

Hampir seluruh penduduk dunia mengandalkan teknologi seperti smartphone, komputer tablet, PC dan lainnya untuk membantu mengingat hari-hari penting . Tetapi jangan lupa untuk sesekali mengingat hal-hal detail yang terkait langsung dengan diri Anda dan keluarga dengan otak Anda. Penggunaan teknologi berlebihan dapat mengakibatkan ketergantungan dan membuat otak menjadi malas berpikir.

Bermain dan Bersantai

Bermain video game tidak akan membuat fungsi otak Anda terganggu, permainan yang penuh teka-teki dapat membantu untuk memperkuat dan melatih otak Anda serta meningkatkan konsentrasi. Anda juga membutuhkan waktu bersantai dan memanjakan diri untuk mengurangi stres sekaligus meningkatkan kemampuan otak Anda.

Tidur Cukup

Tidur dapat membantu mengaktifkan kembali seluruh sel-sel otak, sehingga otak dapat menyerap dan mempelajari sesuatu lebih dalam dan lebih banyak. Peningkatan kemampuan ini secara langsung akan mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang, demikian yang disampaikan Dr Paul Shaw dari Washington University School of Medicine. (dan)

sumber: http://id.she.yahoo.com/6-cara-agar-otak-makin-pintar-084541446.html