Fe dan Metabolismenya


Fe merupakan mikroelemen yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia. Fe pada tubuh banyak dijumpai dalam  bentuk Heme, mioglobin, enzim, sitokrom P450.  Fe juga adalah komponen yang sangat dibutuhkan oleh enzim-enzim tertentu pada proses beta oksidasi.

Sebagai penyelamatan Fe, maka Fe yang berlebih dalam tubuh disimpan sebagai Feritin dan Transferin. Feritin dan Transferin merupakan protein yang di simpan dalam hepar, limpa dan sum-sum tulang.  Jika kita berbicara tentang Fe, sebagian besar digunakan untuk pertumbuhan, pengangkutan oksigen dalam darah, serta transfer elektron. Fe-Heme dihasilkan dari jaringan hewan, sedangkan Fe-nonHeme dihasilkan dari jaringan tumbuhan. Sehingga dalam tubuh lebih banyak diabsorpsi Fe-Heme karena sudah terikat dengan protein. Untuk meningkatkan absorpsi Fe yang berasal dari jaringan tumbuhan (Fe-nonHeme) maka perlu konsumsi protein khususnya asam amino Metionin dan Sistein yang mengandung Sulfur (S) dan asam Askorbat (vitamin C).

Alasan mengapa Fe menjadi sekidit sekali di absorpsi dalam tubuh, karena saat kita makan bersamaan dengan makanan yang mengandung asam oksalat, fitat( asam fitin dalam biji-bijian), tanin, serat, pospat (fosfitin dalam kuning telur), pektin dalam buah-buahan  cenderung mengendapkan Fe sehingga sukar larut dan sedikit di absorpsi. Untuk itu untuk mengatasinya dengan konsumsi protein dan setelah selesai makan sebaiknya mengkonsumsi vitamin C yang berfungsi melarutkan Fe sehingga mudah di serap.

METABOLISME Fe DALAM TUBUH

Metabolisme Fe berlangsung di jaringan Hepar. Awalnya Fe dari makanan yang kita makan kemudian masuk melalui Mukosa Intestin. Setelah itu Fe di bawa oleh protein transferin membentuk Fe-transferin menuju ke sitokrom untuk disintesis menjadi enzim-enzim Fe pengangkut,  ke sum-sum tulang sebagai hormon dan pada Hb untuk mengangkut oksigen ke dalam eritrosit  serta ke organel sel Retikulum Endophlasma (RE). Jika Fe yang dikonsumsi masih tersisa atau berlebih, maka akan disimpan sebagai feritin dalam hepar.  Adanya mobilisasi protein Feritin dalam hepar menyebabkan Feri (Fe) dari makanan diubah menjadi Fero (Fe) yang dikatalisis oleh enzim ferireduktase. Hal ini dapat terjadi jika ada seruloplasmin. Fero lebih mudah diserap daripada Feri.  Jika masih ada lagi Fe yang tersisa dari sintesis Feritin,  maka akan dikeluarkan melalui keringat dan kulit, laktasi, dan urin.

Kemudian jika Fe yang dibuat  dalam Eritrosit (hanya berumur 120 Hari), maka setelah 120 hari, Hemoglobin akan pecah membentuk Heme dan mioglobin, kemudian Heme akan pecah menjadi Fe, dan selanjutnya Fe akan masuk kedalam pull menjadi pull-Fe. Sehingga Fe dalam tubuh  bisa bersumber dari heme juga bisa bersumber dari makanan yang kita makan. Full-Fe akan pecah menjadi asam-asam amino, sehingga dalam tubuh ada asam amino yang dapat diproduksi sendiri selain dari makanan yang kita makan yakni Pull-asam amino dan juga Pull-Fe.

Jika tubuh kekurangan protein maka produksi Feritin juga akan terganggu. Sehingga protein bukan sebagai sumber energi karena sangat banyak enzim pada jaringan tubuh yang memerlukannya dalam setiap metabolisme.

Mengapa jika seseorang yang terinfeksi mengalami defisiensi Fe ??,

Karena infeksi akan menyebabkan gen-gen menjadi rusak sehingga Hb tidak dapat berfungsi  dan Pull-Fe (hasil dalam tubuh) tidak optimal. Untuk seseorang seperti ini dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi banyak protein yang membantu penyerapan Fe dari makanan.

Bagaimana jika protein dalam tubuh sudah berlebih ??

Protein yang berlebih tidak dapat disimpan dalam Hepar,  jika protein yang dikonsumsi berlebih maka asam amino akan mengalami glukoneogenesis yang sifatnya glukogenik menghasilkan asam-asam lemak yang sifatnya ketogenik. Sehingga protein dalam tubuh memiliki sifat glukogenik, ketogenik, dan glukoketogenik.

Posted on 7 April 2013, in Material and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: