4 Pilar Gizi Seimbang


4 prinsip gizi seimbang

Secara teknis PUGS memang terasa lebih susah dipahami dibanding slogan 4 sehat 5 sempurna yang lebih dahulu lahir. Banyak orang awam bahkan para praktisi gizi yang “meragukan” kehandalan PUGS sebagai metode memperoleh kesehatan yang optimal, pada akhirnya PUGS seakan kalah bersaing dengan berbagai metode diet yang ada semisal food combining, diet golongan darah diet zona dll.

Agar dapat menggunakan PUGS sebagai pedoman untuk mencapai kondisi gizi yang optimal maka kita harus memahami dan melaksanakan 4 pilar PUGS, 4 pilar tersebut adalah:

1. Makan bervariasi sesuai kebutuhan;
pesan pentingnya adalah makan harus beraneka ragam,Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi, Batasi konsumsi lemak & minyak sampai seperempat dari kecukupan energi, Biasakan makan pagi,Gunakan garam beryodium, makanlah makanan sumber zat besi, Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MP-ASI sesudahnya, Hindari minum minuman beralkohol

2. Aktivitas fisik secara teratur dan terukur;
pesan pentingnya Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur dan terukur sesuai kondisi masing-masing.

3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan;
Pesan pentingnya Minumlah air bersih, aman, dan cukup jumlahnya, Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan, Bacalah label pada makanan yang dikemas.

4. Pertahankan berat badan ideal;
Pesan pentingnya adalah kita harus selalu memonitor berat badan dan pertahankan berat badan dalam keadaan ideal.

Dengan memahami dan melaksanakan Pesan-pesan tersebut dengan baik dan benar maka diharapkan kita akan mampu memperoleh derajat kesehatan yang optimal…Salam Sadar Gizi.

Posted on 2 January 2013, in Health and Nutrition, Material and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Dear Ahli Gizi

    Pada awalnya, aku berpendapat bahwa penguasa kesehatan terutama ahli gizi adalah orang yang tak konsekwen.
    Beliau menasehatkan makanlah gizi seimbang, tetapi bentuk tubuhnya tidak seimbang. Lihatlah foto penggagas PUGS di link ini.
    http://kwarcabpramukakukar.blogspot.com/2011/01/kwarnas-kunjungi-kwarcab-kukar.html
    Aku sudah menelusuri foto-foto penanda tangan Piramida Makanan, hampir semuanya tubuhnya tidak seimbang. Apakah penanda tangan itu begitu bebal sehingga tak mampu mentaati nasehat Gizi Seimbang yang “indah” itu?

    Barulah aku menyadari bahwa nasehat Gizi Seimbang itulah yang bermasalah.Lihatlah grafik di sini. Anda bisa melihat orang Amerika mulai mengalami kenaikan obesitas setelah mereka mengikuti Piramida Makanan, diet seimbang.
    http://www.lewrockwell.com/miller/miller38.1.html

    atau tulisanku di Kompasiana
    http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/02/20/rendah-lemak-menjadikan-amerika-overweight-dan-obesitas-tetapi-kita-mengira-karena-kebanyakan-makan-lemak-440447.html

    Setelah mendapatkan tekanan dari para ahli, maka Piramida Makanan dibuang, diganti dengan Mypyramid sekitar tahun 2005 (?).Inipun telah diganti lagi dengan Myplate.

    Sementara Indonesia yang baru mengadopsi Piramid tahun 2002, mulai mendapatkan kutukan dari piramida ini. Korban kutukan sudah nampak. Para pengaggasnya Piramida gendut, para Menkes nya, Menpora nya, polisinya, tentaranya……

    • Terima kasih atas opini Anda, sebenarnya kami kurang sependapat dengan opini Anda, karena yang Anda jadikan case report tidak dapat di generalisir, banyak diantar ahli-ahli gizi terutama pakar gizi di Indonesia tidak seperti itu, bahkan penerapan prinsip-prinsip gizi mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

      Kemudian mengenai pedoman gizi seimbang, perlu diketahui bahwa masing-masing negara memiliki pedoman gizi seimbang alasannya karena karakteristik masing-masing penduduk suatu negara berbeda bahkan sangat berbeda jika kita membandingkan bangsa kita dengan Amerika. Jika Amerika telah beberapa kali mengganti dietary guideline mereka, itu karena lingkungan disana memang demikian kondisional yang mengharuskan terjadi perubahan-perubahan. Grafik obesitas di Amerika meningkat bukan karena dietary guideline (pada masa itu Piramida Makanan) tidak cocok, tetapi karena terjadi masa transisi yang sangat ekstrim, dimana pertumbuhan ekonomi yang sangat maju menyebabkan banyaknya restoran fast food, orang-orang tidak lagi banyak gerak dan cenderung sedentary, high technology food (pengawet dan high sugar), car culture, dan masih banyak hal lainnya. Dan data ini dibuktikan secara statistik oleh CDC (Central for Disease Control and Prevention). Adapun di negara kita, sejak era globalisasi, pertumbuhan ekonomi kita juga terjadi perubahan yang dramatis. Pertumbuhan modern market, fast food, car culture juga sangat mengkhawatirkan, karena itu angka obesitas juga meningkat yang dicurigai akibat “transisi” tersebut.

      Para ahli pun berhasil menganalisis faktor-faktor penyebab dan solusinya, bahkan tidak hanya obesitas tetapi berbagai masalah gizi lainnya. Karena itu penerapan 4 sehat 5 sempurna tidak lagi dianggap sebagai guideline yang sesuai, sehingga diganti dengan 13 PUGS, namun dengan kajian-kajian lebih dalam lagi 13 PUGS ini dikembangkan menjadi 4 prinsip gizi seimbang yang dapat mengakomodir prinsip-prinsip gizi dan mudah diterapkan oleh masyarakat awam. Tidak menutup kemungkinan pedoman gizi seimbang ini akan digantikan, jika memang terjadi perubahan di masyarakat terkait gaya hidup dan pedoman yang lama dianggap tidak sesuai lagi.

  2. mas andi..mmaaff sy mau mnta bantuan neh..sy lg buat skripsi mengenai fitness center dengan membandingkan 2 fitness center dengan melihat frekuensi latihan atau durasi lama latihan…dan sy msh bingung bagaimana menentukan judul dan isi materi neh….apakah sy bs dapt referensi g yyaa?? trimakasih mas andi

    • Maaf ya baru balas,
      Kalau boleh tahu masalah-masalah yang kemungkinan ingin anda lihat di fitness center itu apa? Tujuan membandingkan antara frekuensi dan durasi latihan antar 2 tempat fitness center akan dikaitkan dengan apa?

      • ini judul skripsi sy: PENGARUH POLA MAKAN TERHADAP ASUPAN ZAT GIZ MAKRO PADA MEMBER FITNESS. jadi maksud sy mau melihat bagaimana pola makan dan asupan zat gizi makro pada member fitness mas….apa sja yg bs sy msukkan didalam tinjauan pustaka saya mas??trimaksih mas…butuh cepat neh mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: