Abstrak Aktivitas Fisik Dan Asupan Kalsium Sebagai Faktor Resiko Obesitas


Diterbitkan dalam Buletin Gizi Kita DIY Edisi September 2012

Latar belakang: Prevalensi obesitas di Makassar cukup tinggi yakni 7,2%. Kurang aktivitas fisik juga paling tinggi di Makassar (72,9%) dan ada kecenderungan semakin tinggi pendidikan semakin rendah aktivitas fisik yang dilakukan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang aktivitasnya kurang cenderung asupan kalsiumnya juga kurang. Asupan kalsium rendah berkaitan dengan peningkatan enzim sintase yang berperan mengubah energi menjadi lemak. Asupan kalsium dan aktivitas fisik kurang dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh, pada akhirnya obesitas.

Tujuan: Untuk melihat apakah aktivitas fisik dan asupan kalsium yang rendah merupakan faktor resiko kejadian obesitas pada dosen Universitas Hasanuddin.

Metode: Jenis penelitian adalah analitik dengan desain case control. Pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling dengan jumlah subjek 216 orang yang terdiri dari kasus 108 orang dan kontrol 108 orang. Variabel yang diukur adalah asupan kalsium dan akifitas fisik yang diperoleh dari wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan univariat, bivariat, dan multivariat (regresi logistik).

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang kurang secara signifikan berhubungan dengan kejadian obesitas pada dosen Unhas (p= 0,028). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa asupan kalsium yang rendah secara signifikan berhubungan dengan kejadian kejadian obesitas pada dosen Unhas (p=0,022).

Kesimpulan: Aktifitas fisik dan asupan kalsium kurang merupakan faktor resiko kejadian obesitas pada dosen. Subjek penelitian yang memiliki aktivitas fisik kurang akan memiliki resiko 1,83 kali menjadi obesitas dibandingkan yang memiliki aktivitas fisik cukup. Subjek penelitian yang memiliki asupan kalsium kurang akan memiliki resiko 2,84 kali menjadi obesitas dibandingkan yang memiliki asupan kalsium cukup.

Kata kunci: Aktivitas fisik, asupan kalsium, obesitas

Posted on 27 November 2012, in Material and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: