Barongko: Jajanan Tradisional Mewah Harga Kaki Lima


Barongko salah satu jenis makanan penutup (dessert) yang sekarang ini dapat kita temui dengan mudah di masyarakat. Padahal dulunya kue tradisional ini hanya disajikan sebagai menu penutup pada waktu-waku tertentu seperti pernikahan, dan upacara adat lainnya yang dilakukan oleh raja-raja dan kaum bangsawan. Hingga kini barongko masih disuguhkan dalam berbagai acara adat seperti pernikahan, sunatan, naik rumah baru, dan syukuran-syukuran lainnya. Dan biasanya sering kita temui di daerah yang masih sangat kental dengan budaya daerahnya.

Bagi masyarakat Bugis Makassar, Barongko itu rasanya ‘Massipa’ atau dengan kata lain lezat dan memiliki rasa khas tertentu. Konon katanya untuk membuat kue ini, harus dilakukan oleh orang yang betul-betul telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam membuat barongko ini, sehingga cita rasa massipa’ itu tetap terjaga karena akan disajikan kepada raja dan golongan bangsawan. Namun, sekarang ini, barongko telah menjadi kue tradisional yang sifatnya membumi, setidaknya di Sulawesi Selatan karena tata cara pembuatannya yang telah banyak diketahui oleh masyarakat. Kini siapapun bisa membuat kue barongko ini dengan rasa yang enak dan nikmat bahkan bagi sebagian orang telah melakukan improvisasi dengan menambahkan aneka rasa pada kue ini seperti buah nangka, durian, dll. Pembaca pun bisa membuatnya, berikut bahan dan tata cara pembuatan serta nilai gizi dari kue barongko ini:

Bahan: (20 porsi)

  1. 1 sisir pisang raja
  2. 5 butir telur
  3. 150 gr gula pasir
  4. ½ sdt garam
  5. 50 gr susu bubuk
  6. 200 ml santan kental dari 1 buah kelapa
  7. 5 lbr daun pandan
  8. Daun pisang secukupnya

Cara membuat:

  1. Lepaskan kulit pisang, lalu pisahkan ½ sisir pisang untuk dihaluskan dan sisanya lagi dipotong-potong kecil (±30 cm).
  2. Campurkan pisang yang sudah dihaluskan dan yang dipotong-potong kecil dengan telur, gula, garam, dan susu bubuk. Tuang santan dan aduk yang rata.
  3. Ambil 2 lbr daun pisang, lalu beri sedikit daun pandan agar bau dan rasa beraroma pandan, letakkan minimal 3 sdm.
  4. Bungkus dengan rapi dan kukus hingga matang lalu angkat dan dinginkan.
  5. Dinginkan di lemari es lebih nikmat.

Meskipun kue ini tergolong salah satu makanan raja-raja suku Bugis Makassar namun bukan berarti pembuatannya sulit dan mahal. Pisang sebagai bahan dasar utama kue ini dapat diperoleh dengan mudah dan murah, begitu pun dengan bahan-bahan lainnya. Tidak hanya murah, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi barongko seperti menjaga kesehatan saluran pencernaan, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan mata, memberikan tambahan energi bagi tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih rileks oleh karena manfaat dari buah pisang. Selain itu, nilai gizi barongko cukup tinggi dan bisa menjadi pilihan utama. Setiap porsi kue barongko (ini mengandung energi 189,5 kkal, lemak 2,5 gr, karbohidrat  35,3 gr, protein 5,4 gr, kalsium 73 mg, kalium 500 mg dan serat 2,38 gr. Selain nilai gizi yang cukup tinggi, barongko juga mengandung air serta antioksidan yang cukup tinggi.

Posted on 9 October 2012, in What you are eat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: