One stop coffee


Sobat gizi, dalam kesempatan ini saya ingin menulis sedikit pengalaman terkait dengan konsumsi minuman yang menurut saya the greatest drinking in the world yaitu coffee/kopi. Minuman ini sepertinya sangat kontroversi karena efeknya pada manusia, memiliki banyak manfaat tetapi juga memiliki banyak efek yang menurut sebagian besar orang (bahkan hasil penelitian) negatif bagi tubuh manusia. Misalnya saja konsumsi kopi yang cukup banyak bisa membuat orang lebih gelisah, mual, denyut jantung lebih kencang, tremor, bahkan insomnia. Namun tidak sedikit pula manfaat minum 2-3 cangkir kopi setiap harinya, yaitu dapat mencegah penyakit otak, mencegah penyakit ginjal, dan beberapa manfaat lainnya.

Menurut sebuah artikel, bahwa kopi bisa membuat orang lebih sering buang air kecil. Terbukti jika kopi termasuk diuretik yang baik karena membuat frekuensi buang air kecil lebih sering. Ini sangatlah bagus karena dengan lebih sering buang air kecil tentu saja racun dan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dapat terbuang.

Menurut Food Standards Agency (FSA) bahwa konsumsi kafein dalam sehari sebaiknya kurang dari 300 mg atau dengan kata lain setara dengan 2 cangkir kopi tubruk. Sedangkan menurut mayo clinic bahwa batas konsumsi kafein hingga 600 mg atau setara dengan 4-5 cangkir kopi. Karena adanya variasi tersebut, saya (penulis) merasa tertarik untuk melakukan eksperimen kecil untuk melihat sejauh mana batas toleransi atau paling tidak bisa mengeluarkan sebuah hipotesis mengapa ada variasi tersebut. Awalnya saya memesan secangkir kopi original (tubruk) di warkop dengan niat untuk menonton pertandingan bola, karena di warkop tersebut tidak ada TV (not recommended ya :p) jadi saya memutuskan untuk menghabiskan secangkir kopi itu dengan cepat lalu mencari warkop lain yang menyiarkan pertandingan bola. Sampailah di sebuah warkop yang cukup asik suasananya, saya kembali memesan secangkir kopi toraja (hmmm the best roasted coffee) sambil menikmati menonton pertandingan di TV. Babak pertama usai dan kopi ku pun telah habis, jadi saya telah menghabiskan 3 cangkir kopi original high caffeine (2 di warkop, 1 sewaktu sore hari). Memasuki babak kedua, saya kembali memesan 1 cangkir dengan jenis yang sama, lalu kembali menikmati hingga pertandingan tersebut usai (jadi 4 cangkir). Dan cangkir kelima/terakhir saya nikmati di kost sambil mengerjakan tugas.

Dari hasil uji coba tersebut ada beberapa hal yang memang terbukti benar, yaitu kopi membuat orang lebih sering buang air kecil, mengingat mala mini mungkin sudah lebih dari 6 kali buang air kecil, yang kedua adalah kopi membuat jantung anda berdebar-debar dan jadi gelisah (hingga berita ini diturunkan, saya masih merasakannya hehe). Dan yang ketiga adalah efek mual yang ditimbulkan, sangat terasa efek mual tersebut sehabis menikmati cangkir ke 5 (mungkin karena eneg kali ya :D).

Berdasarkan hasil penelitian singkat dengan saya sebagai subjeknya, kesimpulan saya adalah sebaiknya mengonsumsi kafein sesuai dengan standar yang dikeluarkan FSA atau 3-4 cangkir kopi setiap harinya. Karena efek negatif baru saya rasakan setelah meminum 5 cangkir kopi dalam sehari.  

Bagaimana dengan anda?

Posted on 6 October 2012, in Material, What you are eat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Hai…! Minum Coffee Toraja Online Store menjual Kopi Single Origin Toraja Arabica & Robusta Toraja, Ground Beans (kopi bubuk) & Roasted Beans ( Biji kopi Sangrai)

    • Arabica Toraja Ground/Roasted Beans Medium Roast

    • Arabica Toraja Ground Beans Dark Roast

    • Robusta Toraja Ground/Roasted Beans Medium Roast

    Minat Order :

    Via Fanspage FB : https://m.facebook.com/MinumCoffeeToraja
    Via Twitter : @MinumCoffeeTrja
    Via SMS (Only) : 082347638725

    Melayani pembelian u/ eceran, dan siap mensuplay Coffeshop,Cafe,Resto,Hotel,Kedai/warung kopi,dll yg membutuhkan kopi Single Origin Toraja yg berkualitas langsung dikirim dr Rantepao – Toraja Utara,Siap kirim Sel.Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: