Oligosakarida pada susu sapi (Bovine Milk) dan kesehatan anak


ASI eksklusif merupakan hak setiap anak untuk mendapatkannya hingga usia 6 bulan

Oligosakarida diketahui berpotensi menjadi prebiotik dan dapat berinteraksi langsung dengan sel imun tubuh. Memiliki struktur yang sangat kompleks dan memiliki keragaman yang sangat banyak, oligosakarida dapat menstimulasi pengembangbiakan beneficial bacteria atau bakteri baik yang akan memerangi bakteri pathogen di dalam usus (Arslanoglu, 2007). Komponen tersebut hanya dapat ditemui dalam jumlah yang banyak pada ASI, oleh karena itu anak-anak dianjurkan untuk mendapatkan ASI hingga usia 2 tahun atau selama “window of opportunity”.

ASI memang diketahui sebagai makanan yang sangat efektif untuk mencegah infeksi, Berbagai strategi telah digunakan untuk meniru kompleksitas struktural oligosakarida ASI mengingat fungsi oligosakarida bagi kesehatan anak. Strategi tersebut adalah pembentukan struktur oligosakarida yang lebih sederhana yaitu seperti kombinasi dari rantai panjang fructo-oligosakarida (lcFOS) dan rantai pendek galacto-oligosakarida (scGOS), dan sejauh ini telah digunakan dalam produk makanan terutama susu formula untuk anak. 90% scGOS dan 10% lcFOS berdasarkan beberapa penelitian yang telah dikembangkan juga menunjukkan efek modulasi imunitas dan prebiotik yang hampir sama dengan oligosakarida pada ASI (Zivkovic dan Barile, 2011., Arslanoglu, 2007).

Pemberian susu formula pada anak sebelum 6 bulan hanya sebagai alternatif

Meskipun oligosakarida yang telah dikembangkan tersebut tidaklah identik dengan yang ada pada ASI. Dari beberapa studi intervensi pada bayi, Boehm et al. (2002) menemukan bahwa susu formula yang diberikan oligosakarida sederhana tersebut memiliki mikrobiota usus yang baik sama seperti yang ditemukan pada bayi yang mendapatkan ASI. Begitu juga pada penelitian eksperimental yang dilakukan Arslanoglu (2007) dengan randomized double blind controlled trial (RCT) menunjukkan bahwa  scGOS dan lcFOS mampu menurunkan jumlah infeksi, kejadian kumulatif dari infeksi, dan infeksi berulang selama 6 bulan pertama kehidupan anak. Sehingga bisa dihipotesiskan bahwa oligosakarida sederhana pada susu formula juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari bayi yang mendapatkan susu formula.

Namun bukan berarti susu formula mampu menggantikan ASI, karena ASI merupakan satu-satunya sumber semua zat gizi yang dibutuhkan bayi hingga usia 2 tahun. Pemberian ASI eksklusif hingga 6 bulan pertama kehidupan mampu menghindarkan anak dari berbagai penyakit. Konsumsi susu formula dimaksudkan untuk 2 keadaan yang pertama adalah ketika ibu tidak mampu menyediakan ASI kepada anaknya karena kondisi psikologis atau karena adanya kelainan dan penyakit. Kondisi kedua adalah ketika anak sudah mencapai usia diatas 6 bulan sehingga membutuhkan makanan tambahan yang bisa diperoleh dari susu. Selain 2 kondisi diatas, anak memiliki hak untuk mendapatkan ASI eksklusif dari ibu hingga berusia 6 bulan dan dilanjutkan tetap memberikan ASI hingga usia 2 tahun disamping makanan tambahan.

Referensi

  1. Agunbiade and Ogunleye: Constraints to exclusive breastfeeding practice among breastfeeding mothers in Southwest Nigeria: implications for scaling up. International Breastfeeding Journal 2012 7:5
  2. Arslanoglu et al.: Early Supplementation of Prebiotic Oligosaccharides Protects Formula-Fed Infants against Infections during the First 6 Months of Life. J. Nutr. 137: 2420–2424, 2007.
  3. Boehm G, Lidestri M, Casetta P, Jelinek J, Negretti F, Stahl B, Marini A. Supplementation of an oligosaccharide mixture to a bovine milk formula increases counts of faecal bifidobacteria in preterm infants. Arch Dis Child Fetal Neonatal Ed. 2002;86:F178–81.
  4. Zivkovic, AM., and Barile, Daniela: Bovine Milk as a Source of Functional Oligosaccharides for Improving Human Health. American Society for Nutrition. Adv. Nutr. 2: 284–289, 2011.

 

 

 

Posted on 26 July 2012, in Health and Nutrition, What you are eat and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: