Short Course ISAGI Sulsel; Nutrition in dietary assessment


oleh Muh. Nur Hasan Syah S.Gz (Ketua ISAGI Sulsel)

peserta short course dietary assessment

Kamis, 28 Juni 2012, bertempat di ruang seminar Prodi Ilmu Gizi FKM Unhas, Ikatan Sarjana Gizi Indonesia ( ISAGI ) Sulawesi Selatan mengadakan pelatihan khusus bagi penggiat gizi, dengan Tema “ Be Good in Nutritional Assessment “. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua ISAGI SULSEL, MUh. Nur Hasan Syah, S.Gz. dan menghadirkan pemateri Healthy Hidayanti, SKM., M.Kes , beliau merupakan staf pengajar Prodi Ilmu Gizi FKM Unhas, yang telah mendapatkan materi langsung dari Rosalind S Gibson, Ph.d yang merupakan peneliti dan pengarang buku tentang penentuan status gizi. Pada kesempatan ini pemateri membagikan ilmu dan pengalaman yang telah didapatkan, dengan materi ; Evaluasi kecukupan Zat Gizi Individu ; Pedoman untuk memilih metode konsumsi yang tepat ; Error pengukuran dalam penilaian konsumsi makanan dan mengontorlnya ; Metode penilaian konsumsi makanan ; dan Evaluasi kecukupan zat gizi individu dan kelompok. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari.

Pelatihan ini akan dibagi beberapa kelas yang disajikan dalam bentuk small discussion class, dengan peserta yang terbatas tiap kelasnya, maksimal 15 peserta/kelas. Pelaksanaan kelas pertama, menghadirkan para sarjana gizi, dosen dari prodi ilmu gizi, dan juga penggiat gizi lainnya. Pada hari pertama disajikan berbagai teori mengenai survei konsumsi pada individu/kelompok dan hari kedua melanjutakn materi teori kemudian praktek dengan menggunaan software pc-site.  Salah satu peserta yaitu Abdul Salam, SKM, M.Kes yang juga merupakan dosen prodi Ilmu Gizi FKM Unhas, mengutarakan alasannya untuk mengikuti pelatihan ini, Abdul mengatakan “Saya ikut pelatihan ini untuk menambah wawasan/ilmu pengetahuan terutama dalam hal menentukan metode penilaian konsumsi kelompok/individu yan tepat“ . Peserta lain, Sigit, S.Gz mengatakan “Pelatihan dengan diskusi ini sangat bagus, apalagi diskusi langsung bersama dosen dan fasilitator yang telah belajar langsung dari Mrs. Gibson. Dari diskusi ini kami telah mengetahui beberapa kesalahan-kesalahan yang ternyata telah dilakukan selama ini. Dan semoga dengan pelatihan ini salah satu keluaran yang diharapkan yaitu kesalahan-kesalahan tersebut dapat diminimalkan bahkan dihilangkan“.

Pelatihan ini berlangsung sangat kekeluargaan dari awal sampai penutupan kelas, sesuai dengan visi dan misi ISAGI. Tidak ada perbedaan status, jabatan dan pangkat yang dirasakan semua menjadi satu dan belajar bersama guna mendapatkan penetahuan baru. (Anca)

Posted on 30 June 2012, in Material, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: