Menyiasati tetap sehat selama menonton sepakbola


begadang nonton sepakbola mempengaruhi kesehatan

Event sepakbola bergengsi di benua eropa yakni Euro 2012 menjadi hiburan tersendiri bagi penggemar sepakbola di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang rela menonton seluruh pertandingan yang disiarkan di TV atau bahkan nonton bareng di sebuah cafe dan hal ini menjadi trend sepanjang event sepakbola ini digelar.

Bisa dikatakan nonton Euro 2012 ini membutuhkan suatu pengorbanan, adanya perbedaan jam di Eropa dan Asia membuat pertandingan yang digelar di Eropa itu berlangsung pagi hari namun para pecinta bola tanah air menontonnya dini hari. Hal itu memberikan beban khusus kepada tubuh mereka dalam sebulan ini, ketika di pagi harinya harus bekerja, belajar, atau melakukan aktivitas rutin lainnya hingga sore hari, malamnya harus begadang untuk menonton pertandingan Euro 2012 dan rangkaian-rangkaian acara lainnya yang berkaitan dengan Euro 2012 Sehingga apa yang terjadi? Tubuh menjadi kelelahan, dan kurang tidur.

Perlu diketahui bahwa kurang tidur menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan manusia. Seseorang yang memiliki durasi tidur yang sedikit cenderung memiliki masalah kesehatan yang banyak. Mulai dari penurunan kekebalan tubuh, mudah sakit, metabolisme tubuh berubah, peningkatan berat badan bahkan sampai diabetes. Diabetes mungkin terjadi karena kurang tidur menyebabkan toleransi glukosa dan sensitivitas insulin yang lemah, konsekuensi lainnya adalah meningkatkan peradangan, serta meningkatkan grelin dan menurunkan leptin yang berdampak pada rasa lapar dan nafsu makan. Inilah mekanisme gangguan tidur yang akhirnya bermuara pada terjadinya obesitas dan berbagai penyakit lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya menonton sepakbola harus dengan cara cerdas dilakukan. Menggunakan waktu-waktu yang luang untuk beristirahat dan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein agar supaya sel-sel kita dapat terjadi regenarasi di waktu-waktu yang dimanfaatkan untuk beristirahat tersebut. Minum banyak air putih yang bertujuan untuk membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi. Mengurangi perilaku negatif seperti merokok, minuman bersoda, dan beralkohol. Selain itu hindari stress meskipun tim andalah anda kalah dalam pertandingan, janganlah sampai terbawa stress, karena depresi meskipun singkat akan memberikan dampak terhadap tubuh anda, tubuh anda akan mensekresi hormon-hormon stress yang berlebihan. Akibatnya sistem metabolisme tubuh mengalami perubahan, selain itu akan terbentuk banyak radikal bebas di dalam tubuh. Dan yang paling penting adalah usahakan jam tidur anda minimal 6 jam sehari, gunakan waktu-waktu luang untuk tidur. Ini sangat penting untuk diperhatikan, karena di durasi waktu tersebut tubuh diberi kesempatan untuk beristirahat.

Posted on 28 June 2012, in Health and Nutrition, Material and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: