“Optimum Nutrition”


Sumber dari buku “The New Optimum Nutrition Bible”

 

Baru-baru ini saya membaca sebuah buku yang membahas mengenai Optimum nutrition atau gizi optimal. Sederhananya, gizi optimum adalah memberikan asupan zat gizi yang tepat yang terbaik untuk membuat tubuh menjadi sesehat yang seharusnya dan dapat bekerja sebaik mungkin. Dalam buku tersebut menjelaskan bahwa untuk mencapai gizi optimum, kita tidak lagi harus selalu berkaitan dengan aturan-aturan seperti halnya seseorang tidak harus menjadi seorang vegetarian atau mengkonsumsi suplemen atau menghindari beberapa makanan tertentu, melainkan untuk seseorang seperti menyarankan yang seharusnya. Kebutuhan kita sangatlah unik dan secara keseluruhan tergantung pada faktor masing-masing individu, dari kekuatan dan kelemahan yang telah dimiliki sejak lahir dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Tidak ada satupun jenis makanan yang sempurna selain ASI tentunya, walaupun ada pedoman umum yang telah diberikan yakni Recommended Dietary Allowance (RDA) atau di Indonesia lebih dikenal dengan Pedoman Gizi Seimbang yang digambarkan dalam bentuk tumpeng gizi seimbang. Dalam buku tersebut menyebutkan bahwa gizi optimal adalah zat-zat gizi yang :

–          Meningkatkan penampilan mental optimal dan memiliki keseimbangan emosional

–          Meningkatkan penampilan fisik optimal

–          Berhubungan dengan kejadian sakit yang jarang

–          Berhubungan dengan kesehatan yang panjang selama masa hidup

Sekarang ini, lima puluh jenis zat-zat gizi telah diidentifikasi sebagai hal yang dibutuhkan untuk kesehatan kita. Kesehatan manusia dapat ditingkatkan dan diatur hingga pada tingkat tertinggi jika mampu mencapai asupan yang optimal dari setiap zat gizi setiap harinya. Secara bertahap, seluruh tubuh termasuk tulang diremajakan. Melalui gizi optimum, seseorang dapat:

–          Meningkatkan kecerdasan mental, mood, dan konsentrasi

–          Meningkatkan IQ

–          Meningkatkan kemampuan fisik

–          Meningkatkan kualitas tidur

–          Meningkatkan daya tahan terhadap infeksi

–          Melindungi tubuh dari penyakit

–          Menjaga kelangsungan hidup

Ini mungkin terdengar seperti pernyataan yang berani, namun kenyataannya memang sebelumnya telah dibuktikan oleh beberapa peneliti. Akhir-akhir ini dapat dilihat tanda-tanda bahwa gizi akan menjadi bagian yang utama dari pengobatan yang telah dapat diduga dimasa mendatang. Beberapa orang mendapatkan hasil yang lebih baik setelah mengatur makanan dan mengkonsumsi suplemen dibandingkan dengan menggunakan obat. Beberapa dokter di Irlandia juga mengatakan bahwa terapi gizi telah terbukti secara kuat, sehingga sebagian dari mereka berpendapat bahwa jika seorang dokter tidak mempelajari gizi maka dimasa mendatang dokter akan digantikan oleh nutrisionis atau lebih dikenal dengan ahli gizi.

Sebuah konsep lama di dunia pergizian adalah penilaian kebutuhan gizi dilakukan dengan menganalisis apa yang telah dimakan lalu kemudian dibandingkan dengan RDA dari masing-masing zat gizi. Metode ini merupakan dasar, RDA tidak relevan dengan apa yang dibutuhkan untuk bisa lebih sehat secara optimal, dan tidak dapat menghitung variasi kebutuhan secara individu dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti tingkat stress, dan aktivitas. Optimum Daily Allowance (ODA) memiliki 3 metode pendekatan yang mendasar untuk mencapai gizi yang optimal yakni:

–          Analisis gejala

Pendekatan ini dilakukan dengan melihat tanda dan gejala yang mungkin nampak (seperti kurang energi, otot keram, dst) yang dikaitkan dengan kekurangan zat gizi apa yang kemungkinan menjadi penyebabnya.

–          Analisis lifestyle

Mengidentifikasi faktor-faktor dalam kehidupan sehari-hari yang bisa merubah kebutuhan gizi dengan cepat seperti tingkat aktivitas fisik, stress, polusi, dst.

–          Analisis pola makan

Tidak lagi dilakukan perbandingan dengan RDA melainkan dengan tingkat optimal zat-zat gizi dan mempertimbangkan konsumsi zat “antinutrients” yang bisa menghilangkan zat-zat gizi dalam tubuh.

Email : andiimam.arundhana@gmail.com

Posted on 23 April 2012, in Health and Nutrition and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: